PENGEMBANGAN POP-UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL FLORA FAUNA GRESIK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan alat pembelajaran interaktif dalam bentuk buku pop-up, dengan memanfaatkan pengetahuan lokal yang kaya tentang flora dan fauna unik Gresik, yang disesuaikan untuk siswa sekolah dasar kelas empat. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) untuk memandu metodologinya. Partisipan penelitian meliputi ahli media, ahli materi, dan siswa kelas empat dari SD Negeri 260 Gresik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa media pembelajaran buku pop-up, yang mengambil inspirasi dari kearifan lokal Gresik mengenai beragam kehidupan tumbuhan dan hewan di wilayah tersebut, dapat diintegrasikan secara efektif dalam proses pendidikan. Para ahli media memberikan evaluasi yang sangat baik, dengan nilai sebesar 92,8%, sedangkan ahli materi memberikan nilai yang tinggi pula, yaitu sebesar 92,5%. Selama fase implementasi, observasi menghasilkan nilai sempurna sebesar 100%, mencerminkan integrasi yang lancar dalam ruang kelas. Selain itu, respons siswa terhadap alat pembelajaran inovatif ini sangat positif, dengan tingkat kepuasan sebesar 95,5%.
Kata Kunci: pop-up book, kearifan lokal, flora, fauna, Gresik.
Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan alat pembelajaran interaktif dalam bentuk buku pop-up, dengan memanfaatkan pengetahuan lokal yang kaya tentang flora dan fauna unik Gresik, yang disesuaikan untuk siswa sekolah dasar kelas empat. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) untuk memandu metodologinya. Partisipan penelitian meliputi ahli media, ahli materi, dan siswa kelas empat dari SD Negeri 260 Gresik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa media pembelajaran buku pop-up, yang mengambil inspirasi dari kearifan lokal Gresik mengenai beragam kehidupan tumbuhan dan hewan di wilayah tersebut, dapat diintegrasikan secara efektif dalam proses pendidikan. Para ahli media memberikan evaluasi yang sangat baik, dengan nilai sebesar 92,8%, sedangkan ahli materi memberikan nilai yang tinggi pula, yaitu sebesar 92,5%. Selama fase implementasi, observasi menghasilkan nilai sempurna sebesar 100%, mencerminkan integrasi yang lancar dalam ruang kelas. Selain itu, respons siswa terhadap alat pembelajaran inovatif ini sangat positif, dengan tingkat kepuasan sebesar 95,5%.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto , S. (2010). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Darmawan, L. A., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Puzzle Susun Kotak Pada Tema Ekosistem. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 14. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V3i1.17095
Marzuki, I., Fauziyah, N., Rahim, A. R., & Sukaris. (2020). Slogan Peduli Lingkungan Sekolah. Journal Of Community Service, 2(4), 621–626.
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P., (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212-221
S, I. R. K.-K., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Subayani, N. W., & Nugroho, A. S. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Mereduksi Miskonsepsi Sains Mahasiswa Calon Guru Sd. Jtiee (Journal Of Teaching In Elementary Education), 2(2), 143. Https://Doi.Org/10.30587/Jtiee.V2i2.753
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i2.113
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1. Https://Doi.Org/10.30742/Tpd.V1i02.857