PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DALAM MENGATASI MISKONSEPSI MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran CUPs, serta mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran CUPs sebagai upaya dalam mengatasi miskonsepsi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV UPT SD Negeri 34 Gresik tahun pelajaran 2024/2025 dengan jumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles & Huberman yang selama proses pengumpulan data melakukan tiga kegiatan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CUPs yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu fase individu, triplets, dan diskusi kelas, dapat membantu mengatasi miskonsepsi pada siswa. Sebelum penerapan model pembelajaran CUPs, rata-rata 61,5% siswa mengalami miskonsepsi klasifikasional, korelasional, dan teoritikal. Setelah penerapan model pembelajaran CUPs, persentase siswa yang mengalami miskonsepsi menurun menjadi 25,5%. Penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran CUPs efektif digunakan untuk mengatasi miskonsepsi siswa pada materi bangun datar segi empat.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abraham, M. R., Grzybowski, E. B., Renner, J. W., & Marck, E. A. (1992). Understanding and Misunderstanding of Eight Grades of Five Chemistry Concept in Text Book. Journal of Research in Science Teaching, 29(2), 105–120. Retrieved October 10, 2024, from https://id.scribd.com/document/654181688/Understandings-and-misunderstandings-of
Amien, M. (1990). Pemetaan Konsep Suatu Teknik untuk Meningkatkan Belajar yang Bermakna. Mimbar Pendidikan, 2(9), 55–69.
Anisah, Suhartati, & Zaura, B. (2023). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 10 ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Materi Perpangkatan. Jurnal Peluang, 11(1), 2685–1539.
Baihaki, A. (2020). Pengembangan Tes Diagnostik Tiga Tingkat Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Garis Dan Sudut. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.
Carpendale, J., & Cooper, R. (2021). Physics Education Conceptual understanding procedure to elicit metacognition with pre-service physics teachers. Phys. Educ, 56(2). Retrieved June 10, 2024, from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1361-6552/abc8fd/meta#artAbst
David Mills, Brian McKittrick, Pam Mulhall, & Susan Feteris. (1999). CUP: cooperative learning that works. Physics Education, 34(1), 11. Retrieved from https://dx.doi.org/10.1088/0031-9120/34/1/013
Dewi, K. (2017). Miskonsepsi Siswa SMA Pada Konsep Difusi dan Osmosis Setelah Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta. Retrieved December 18, 2024, from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36827
Gita, A., Pranuta Murnaka, N., & Iswara Sukmawati, K. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) SEBAGAI UPAYA MENGATASI MISKONSEPSI MATEMATIS SISWA. Journal of Medives, 2(1), 65–76. Retrieved June 30, 2024, from https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/521/557
Gunstone, D., McKittrick, B., & Milhall, P. (2009). CUP - A Procedure for Developing Conceptual Understanding. Prosiding PEEL Conference. Australia: Monash University.
Hadi, S., & Novaliyos. (2019). TIMSS INDONESIA (TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, (Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwang), 562–569.
Haris, A. (2019). PENGARUH MODEL CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROSEDURES (CUPs) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 4 JEROWARU TAHUN (Skripsi). Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram.
Hikmah, N., & Nani Kurniati. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 MATARAM. Jurnal Pijar MIPA, IX(2), 84–88.
Hynd, C. (2001). Refutational texts and the change process. International Journal of Educational Research, 35, 699–714.
Indah Pranata, T., Agwadinata, F., Sulistri, E., & Hendriana, C. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CUPs TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PELAJARAN IPA DI SD. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2).
Iskandar, S. M. (2015). Pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis Konstruktivis. Malang: Media Nusa Creative.
Izza, R. I., Nurhamidah, & Elvinawati. (2021). ANALISIS MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK ESAI BERBANTUAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX) PADA POKOK BAHASAN ASAM BASA. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(1), 55–63.
Kosim, I., & Gunawan. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi , III(1), 2407–6902.
Kusmaryono, I., Kusumadewi, R. F., Ulia, N., & Ubaidah, N. (2019). MISKONSEPSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD DAN SOLUSINYA. (D. Wijayanti, Ed.). Semarang: Unissula PRESS.
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL. (2006). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA. Retrieved May 6, 2024, from https://madrasahkepri.kemenag.go.id/wp-content/uploads/2016/10/1.-Permendiknas-No-22-Tahun-2006-Tentang-Standar-Isi.pdf
Miswati. (2023, October). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA SOAL LUAS SEGI EMPAT MTSN 6 JEMBER (Skripsi). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER, Jember.
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center. Retrieved September 26, 2024, from http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/
Paramita, R., Friansah, D., & Febriandi, R. (2021). ANALISIS MISKONSEPSI TERHADAP MATERI BANGUN DATAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 15 LUBUKLINGGAU. PRIMARY EDUCATION JOURNAL SILAMPARI, 3(2). Retrieved from http://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/PEJS/index
Pratiwi, N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROSEDURES (CUPs) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 02 WAY DADI (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
Rahman Efendi, U., & Mailani, E. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Bangun Datar Dengan Menggunakan Three Tier Test, 113–122.
Rahmani, A., & Muslihah, N. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Bale Aksara, 1.
Sari, N. I., Utaminingsih, S., & Fajrie, N. (2023). Efektivitas model conceptual understanding procedurs terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di SD kelas V. Journal of Elementary Education, 06.
Soedjaji, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Sopiany, H. N., & Rahayu, W. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Ditinjau Dari Teori Kontruktivisme Pada Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 185–200.
Yusuf, I., Zb, A., & Rozal, E. (2022). The Understanding Mathematical Communication Concepts and Skills: Analysis of the Ability of Prospective Physics Teachers? International Journal of Education and Teaching Zone, 1(2), 97–105.