PENGARUH HUBUNGAN SOSIAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA 3 PERISTIWA MENGISI KEMERDEKAAN KELAS V SD NEGERI 089 PANYABUNGAN

Isi Artikel Utama

Mahyuni Lubbis
Samakmur Samakmur
Monica Theresia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengaruh  hubungan sosial siswa dengan hasil belajar siswa pada sub tema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan kelas V SD Negeri 089 Panyanbungan sosial siswa dengn, jenis penelitian  adalah kolerasi. Penelitian korelasi adalah penelitian yang ditunjukan untuk menggungkapkan hubungan antara variabel, populasi pada penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 089 Panyabungan sebanyak 20 siswa, sampel ini mengunakan teknik total sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pengaruh  hubungan sosial, karena hasil belajar didapat melalui metode dokumentasi. Instrumen hubungan siswa berbentuk angket atau kuesioner (angket) dan dokumentasi. Dari hasil analisis data yang telah dikemukaan maka kesimpulan yang dapat diperoleh adalah: 1) hubungan sosial kelas V SD Negeri 089 Panyabungan berada katagori cukup dengan rata-rata 57,5, 2) hasil belajar sub tema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan kelas V SD Negeri 089 Panyabungan berada katagori baik dengan rata-rata 71,5, dan terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan sosial siswa dengan hasil belajar sub tema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan kelas V SD Negeri 089 Panyabungan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lubbis, Mahyuni, Samakmur Samakmur, dan Monica Theresia. “PENGARUH HUBUNGAN SOSIAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA 3 PERISTIWA MENGISI KEMERDEKAAN KELAS V SD NEGERI 089 PANYABUNGAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 04 (November 10, 2021): 27–33. Diakses Mei 9, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/169.
Bagian
Artikel

Referensi

Ali, Muhammad.2013.Statistik ( untuk penelitian pendidikan). Yongyakarta :

Para publishing.

Arifin, Bambang Syamsul.2015. psikologi sosial. Bandung: Pustaka Setia

Arikunto, S. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta :

Rineka Cipta.

Astuti.dkk. 2012.pengaruh motivasi belajar dan metode pembelajaran terhadap

hasil belajar IPS terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong kabupaten kendal. Volume 1Nomor 2

Bungin,Burhan. 2008.sosiologi komunikasi.jakarta: Prenada Media Group Dimyanti dan Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran.jakarta : Rineka Cipta

Emzir. 2015. Metodologi penelitian pendidikan (kuantitatif & kualitatif). Jakarta: Rajawali Pers.

Fernanda, Misio Mesa. Dkk.2012. hubungan antara kemampuan berinteraksi sosial dengan hasil belajar.Volume 1 Nomor 1.

Ismawati, Esti. 2012. Ilmu Sosial Budaya Dasa. Yogyakarta : Ombak

Irham, Muhammad.dkk.2013. psikologi pendidikan (Teori Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran). Jongjakarta : Ar-Ruzz Media

Kadir,2015. Statistika terapan (Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS Lisrel dalam Penelitian). Jakarta :Rajawali Pres

Manurung,2013. Statistika Pendidikan. Jakarta : Halaman Moeka Publishing

Muhibbinsyah .2010. psikologi pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Nur. Muhammad Awal. 2016. Pengaruh Perhatian Orang Tua. Konsep Diri, persepsi Tentang Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Ujung Loe Kabupaten bulukumba. Volume 2 Nomor 2

Rahmawati.dkk.2014. Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Prestasi Belajar Mahasiswa Semester IV prongram Studi Diploma III Kebidanan Unipdu Jombang. Vol.4 No.2

Rangkuti, AN. 2016. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, ptk, dan penelitian pem gembangan. Bandung: cita pustaka media.

Saputra, Syifa .2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Volume 5 Nomor 2

Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta :Rineka Cipta

Soekanto, soerjono.2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Pres

Sudjana, Nana.2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning ( Teori dan plikasi PAIKEM). Yongyakarta : Pustaka Pelajaran

Suryani and Hendrayani. 2015. Metoderisekuantitatif. Jakarta: Prendadamedia group.

Susanto, Astrid.S, 1997, Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosiologi, Binacipta, Bandung

Wahab, Abdul Azis. 2012. Metode dan Model-Model Megajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung : CV. Alfabeta.

lajaran Bahasa Indonesia SMP. Jurnal Litera. Volume 15, Nomor 1.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>