PENGARUH HUBUNGAN SOSIAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA 3 PERISTIWA MENGISI KEMERDEKAAN KELAS V SD NEGERI 089 PANYABUNGAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengaruh hubungan sosial siswa dengan hasil belajar siswa pada sub tema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan kelas V SD Negeri 089 Panyanbungan sosial siswa dengn, jenis penelitian adalah kolerasi. Penelitian korelasi adalah penelitian yang ditunjukan untuk menggungkapkan hubungan antara variabel, populasi pada penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 089 Panyabungan sebanyak 20 siswa, sampel ini mengunakan teknik total sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pengaruh hubungan sosial, karena hasil belajar didapat melalui metode dokumentasi. Instrumen hubungan siswa berbentuk angket atau kuesioner (angket) dan dokumentasi. Dari hasil analisis data yang telah dikemukaan maka kesimpulan yang dapat diperoleh adalah: 1) hubungan sosial kelas V SD Negeri 089 Panyabungan berada katagori cukup dengan rata-rata 57,5, 2) hasil belajar sub tema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan kelas V SD Negeri 089 Panyabungan berada katagori baik dengan rata-rata 71,5, dan terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan sosial siswa dengan hasil belajar sub tema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan kelas V SD Negeri 089 Panyabungan.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ali, Muhammad.2013.Statistik ( untuk penelitian pendidikan). Yongyakarta :
Para publishing.
Arifin, Bambang Syamsul.2015. psikologi sosial. Bandung: Pustaka Setia
Arikunto, S. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta :
Rineka Cipta.
Astuti.dkk. 2012.pengaruh motivasi belajar dan metode pembelajaran terhadap
hasil belajar IPS terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong kabupaten kendal. Volume 1Nomor 2
Bungin,Burhan. 2008.sosiologi komunikasi.jakarta: Prenada Media Group Dimyanti dan Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran.jakarta : Rineka Cipta
Emzir. 2015. Metodologi penelitian pendidikan (kuantitatif & kualitatif). Jakarta: Rajawali Pers.
Fernanda, Misio Mesa. Dkk.2012. hubungan antara kemampuan berinteraksi sosial dengan hasil belajar.Volume 1 Nomor 1.
Ismawati, Esti. 2012. Ilmu Sosial Budaya Dasa. Yogyakarta : Ombak
Irham, Muhammad.dkk.2013. psikologi pendidikan (Teori Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran). Jongjakarta : Ar-Ruzz Media
Kadir,2015. Statistika terapan (Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS Lisrel dalam Penelitian). Jakarta :Rajawali Pres
Manurung,2013. Statistika Pendidikan. Jakarta : Halaman Moeka Publishing
Muhibbinsyah .2010. psikologi pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Nur. Muhammad Awal. 2016. Pengaruh Perhatian Orang Tua. Konsep Diri, persepsi Tentang Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Ujung Loe Kabupaten bulukumba. Volume 2 Nomor 2
Rahmawati.dkk.2014. Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Prestasi Belajar Mahasiswa Semester IV prongram Studi Diploma III Kebidanan Unipdu Jombang. Vol.4 No.2
Rangkuti, AN. 2016. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, ptk, dan penelitian pem gembangan. Bandung: cita pustaka media.
Saputra, Syifa .2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Volume 5 Nomor 2
Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta :Rineka Cipta
Soekanto, soerjono.2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Pres
Sudjana, Nana.2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning ( Teori dan plikasi PAIKEM). Yongyakarta : Pustaka Pelajaran
Suryani and Hendrayani. 2015. Metoderisekuantitatif. Jakarta: Prendadamedia group.
Susanto, Astrid.S, 1997, Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosiologi, Binacipta, Bandung
Wahab, Abdul Azis. 2012. Metode dan Model-Model Megajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung : CV. Alfabeta.
lajaran Bahasa Indonesia SMP. Jurnal Litera. Volume 15, Nomor 1.