KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DI KELAS III SD NEGERI 1302 HASAHATAN KECAMATAN BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS T.A 2023/2024

Isi Artikel Utama

Nurbaiti Nurbaiti
Zulfadli Zulfadli
Ilham Sahdi Lubis
Royhanun Siregar
Nikmah Suryani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri 1302 Hasahatan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas T.A 2023/2024. (2) Mengetahui peningkatan Motivasi dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Example Non Example pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya di kelas III SD Negeri 1302 Hasahatan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa III SD Negeri 1302 Hasahatan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas T.A 2023/2024 yang berjumlah 21 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Example pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Pada siklus I jumlah peserta didik yang tuntas10 Peserta didik 48%. Jumlah peserta didik yang tidak tuntas 11  peserta didik  52%. Sedangkan pada Siklus II Jumlah peserta didik yang tuntas 17 peserta didik 81%. Jumlah peserta didik yang tidak tuntas 4 peserta didik 19%.  Dari hasil observasi aktivitas guru yaitu 59,377% dan perolehan hasil observasi aktivitas siswa siklus I 55% dan siklus II 75% mengalami peningkatan sebesar 15%. pencapaian nilai tertinggi yang diraih oleh peserta didik adalah 80 sedangkan nilai terendah adalah 50. Maka dapat disimpulkan bahwa Motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example mengalami peningkatan di kelas kelas III SD Negeri 1302 Hasahatan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas T.A 2023/2024.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurbaiti, Nurbaiti, Zulfadli Zulfadli, Ilham Sahdi Lubis, Royhanun Siregar, dan Nikmah Suryani. “KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DI KELAS III SD NEGERI 1302 HASAHATAN KECAMATAN BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS T.A 2023/2024”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 4, no. 4 (Desember 7, 2024): 421–433. Diakses Desember 18, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1794.
Bagian
Artikel

Referensi

Ahmad, Susanto. (2016). Teori belajar & pembelajaran di Sekolah Dasar.

Aris, Shoimin. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik . (2013). Kurikulum dan Hasil Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Hamdani,2011 Hamdani. (2011). Starategi Belajar Mengajar. Bandung: pustaka setia

Huda. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ngalimun, (2014). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Nizar, Ahmad Rangkuti. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung : Dipustaka Media.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Belajar. Morgan Sagala. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV.Alfabet.

Rifa'i, A dan Anni, C.T. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT

Suprijono Agus. (2015). Cooperatif learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: pustaka pelajar

Suryani, Rustono dan Akhmad (2018) dengan judul penelitian Pengaruh Model

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia group.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana. Pustaka.

Syarifuddin dalam Tarigan (2016:107) menjelaskan aktivitas guru dan siswa

Tarigan, Arleni.( 2016). Penerapan Model Pembelajaean Role Playing untuk Meningkatkan hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembeng Sari Kecamatan Ukui.Jurnal Primary Program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan

Warso, Agus, Dwi, Doso. (2017). Pembelajaran dan Penilaian Pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah berdasarkan kurikulum 2013 Yogyakarta: Graha Cendekia.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>