PERKEMBANGAN SISWA BELAJAR DARING DENGAN DIDAMPINGI ORANG TUA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan siswa belajar daring dengan di dampingi orang tua siswa pada materi operasi hitung campuran pada siswa di kelurahan Tobat Kecamatan Padangsidimpuan utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian deskriptif kualitatif, objek penelitian adalah siswa kelas 1 SD yang sedang melaksanakan pembelajaran daring dengan materi operasi hitung campuran dan orang tua siswa yang mendampingi siswa pada pembelajaran daring di Kelurahan Tobat, Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Subjeknya adalah orang tua siswa yang mempunyai anak kelas 1 SD yang belajar tentang materi operasi hitung campuran dan siswa. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah wawancara dan observasi atau pengamatan. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan teknik wawancara terhadap siswa dan orang tua, hasil dari penelitian ini adalah: 1). Hasil perkembangan siswa pada pembelajaran daring dengan didampingi orang tua adalah siswa kurang disiplin, siswa kurang aktif dalam belajar. 2). Peran orang tua dalam pendampingan siswa pada pembelajaran orang tua melaksanakan dua peran sekaligus pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah; menyediakan sarana dan prasarana kepada anak; memberikan semangat; motivasi; mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak.
Kata Kunci: Perkembangan Siswa Belajar Daring, Peran Orang Tua, Materi Operasi Hitung Campuran
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.