UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA LAGU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TANDA BACA KELAS III SD NEGERI 100050 PASARMATANGGOR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan literasi siswa materi Tanda Baca menggunakan media lagu di kelas III SD Negeri 100050 Pasarmatanggor Tahun Pelajaran 2023-2024. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 100050 Pasarmatanggor. Selanjutnya ditetapkan subjek sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan teknik analisa data yaitu penggunaan media lagu materi Tanda Baca di kelas III SD Negeri 100050 Pasarmatanggor meningkat ditandai dengan meningkatnya literasi siswa melalui penggunaan media lagu, yang mana dapat dibuktikan pada siklus I memperoleh persentase sebesar 46,6 %, pada sikllus II adalah persentase sebesar 80 %, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 33,4 %, observasi guru melalui penggunaan media lagu di kelas III SD Negeri 100050 Pasarmatanggor, yang mana dapat dilihat pada persentase observasi responden guru pada siklus I sebesar 75 % dengan kategori “Cukup” dan siklus II 83,3 % dengan kategori “Baik”, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,3 % dan aktivitas belajar siswa melalui penggunaan media lagu pada siklus I 72,2 % dengan kategori “Cukup” ke siklus II 80,5 % dengan kategori “Baik”, mengalami peningkatan sebesar 8,3 %.
Kata kunci : Literasi Siswa dan Media Lagu.
Abstract
This research aims to find out the picture of increasing students literacy in punctuation material using song media in class III of SD Negeri 100050 Pasarmatanggor for the 2023-2024 academic year. The research method is Classroom Action Research (PTK), the object of this research is all clas III students OF sd Negeri 100050 Pasarmatanggor. Next the subjects were determined to be 30 people. The instruments used as data collection tools were tests, observation, and documentation. Then the research data was processed using data analysis techniques, namely the use of the maten song media. Punctuation in class III of SD Negeri 100050 Pasarmatanggor increased, marked by increased student literacy through the use of media. Song, which can be proven in cycle I obtained a percentage of 46,6 % , in cycle II the percentage was 80 %, from cycle I to cycle II there was increase of 33,4 %, teacher observation through the use of song media in the class III at SD Negeri 100050 Pasarmatanggor, which can be seen from the percentage of observation of teacher respondets in cycle I of 75 % with the “enoungh” category and cycle II 83,3 % with the “good” category, and cycle I to cycle II experienced an increase of 8,3 % and student learning activities through the ude of song media in cycle I 72,2 % with the “enough” category to cycle II 80,5 % with “good” category, experienced an increase of 8,3 %
Keywords: Student Literature And Song Media
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abidin, Yuìnuìs. dkk. (2017). Peìmbeìlajaran Liteìrasi. Jakarta: PT Buìmi Aksara.
Aprianti, dkk. (2022). “Peìmanfaatan Peìngguìnaan Meìdia Laguì Pada Peìlajaran Bahasa Inggris Siswa Keìlas IV SDN Kampuìng Beìsar II Teìluìk Naga Kabuìpateìn Tangeìrang”. Juìrnal Peìndidikan Tambuìsai, Vol. 6, No. 2. https://jptam.org/indeìx.php/jptam/articleì/vieìw/4378
Arofatuìrrohman, Yuìnita Azmil, dkk. (2023). “Peìngguìnaan Meìdia Laguì Dalam Peìmbeìlajaran Peìndidikan Pancasila Dan Keìwarganeìgaraan Yang Inovatif”. INNOVATIVEì: Jouìrnal of social scieìnceì Reìseìarch, Vol.3, No.3. http://j-innovativeì.org/indeìx.php/Innovativeì/articleì/vieìw/2994
Baharuìddin dan Wahyuìni. (2015). Teìori Beìlajar dan Peìmbeìlajaran. Yogyakarta: AR-RUìZZI MEìDIA.
Bando, M. Syarif. (2021). https://peìrpuìstakaan.keìmeìndagri.go.id/2021/03/tingkat-liteìrasi-indoneìsia-di-duìnia-reìndah-rangking-62-dari-70-neìgara/, diakseìs pada Kamis, 14 Mareìt 2024.
Eìffeìndy, Muìhadjir. (2017). Peìdoman Peìnilaian dan Eìvaluìasi Geìrakan Liteìrasi Nasional. Jakarta: Keìmeìnteìrian Peìndidikan dan Keìbuìdayaan.
Gyta, Dharma eìt al. (2022). “Analisis Keìmampuìan Liteìrasi Siswa Seìkolah Dasar”. Juìrnal BASICEìDUì, Vol. 6 No. 2. https://doi.org/10.31004/basiceìduì.v6i2.2400
Harahap, Sri Aguìsriani. (2024). “Hasil obseìrvasi dan wawancara pada tanggal 26 Feìbruìari di Seìkolah SD Neìgeìri 100050 Pasarmatanggor”. Beìliauì adalah wali keìlas III SD Neìgeìri 100050 Pasarmatanggor.
Limbong, Winny Suìnfriska, dkk. (2023). “Sosialisasi Peìneìrapan Meìdia Laguì Dalam Meìningkatkan Keìcakapan Sosial Di UìPT SDN 064985”. Juìrnal Touìr Abdimas Vo.2, No.2. https://touìrjuìrnal.akuìpuìntouìr.com/indeìx.php/touìrabdimasjouìrnal/articleì/vieìw/68
Nikkeìn, dkk. (2015). Theì Poweìr of Meìdia. Suìrabaya: CV. Garuìda Mas Seìjahteìra.
Prananda, Gingga., dkk. (2020). “Meìningkatkan Hasil Beìlajar Meìngguìnakan Meìdia Laguì Anak Alam Peìmbeìlajaran IPA Seìkolah Dasar”. Juìrnal IKA, Vol. 8, No. 2. https://uìnars.ac.id/ojs/indeìx.php/pgsduìnars/articleì/vieìw/830
Suìmardi. (2020). Teìknik Peìnguìkuìran dan Peìnilaian Hasil Beìlajar. Deìeìpuìblish Puìblisheìr.
Tarigan, Heìnry. (2021). Strateìgi Peìngajaran dan Peìmbeìlajaran Bahasa. Banduìng: Angkasa Banduìng.
UìNEìSCO. (2023). https://goodstats.id/articeìl/krisis-liteìrasi-di-indoneìsia-masih-peìrluì-ditingkatkan-lagi-j7MHB, diakseìs pada kamis, 14 Mareìt 2024.
Xeìrpihan (onlineì). 2021. “Apa ituì Liteìrasi?” https://xeìrpihan.id/blog/467/apa-ituì-liteìrasi-beìrikuìt-arti-kata-liteìrasi-dan-macam-macam-liteìrasi/, diakseìs padkamis 14 Mareìt 2024