PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN CUACA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUALTEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS III SDN 126 GUNUNG BARINGIN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada IPA materi perubahan cuaca di kelas III SDN 126 Gunung Baringin dengan mengunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan system siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning CTL. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik test untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, lembar observasi guru, untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada siswa kelas III SDN 126 Gunung Baringin yang berjumlah 25 siswa 10 laki-laki 15 perempuan dilihat dari penilaian hasil belajar siswa kelas III SDN 126 Gunung Baringin mengalami peningkatan melalui penerapan model Contextual Teaching Learning. Peningkatan penerapan model Contextual Teaching Learning pada siklus I 75% kategori "baik" dan siklus II 90% kategori "Baik Sekali" sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I 64% kategori "Kurang Baik" dan siklus II 88% kategori "Baik". Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning CTL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi perubahan cuaca di kelas III SDN 126 Gunung Baringin.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Bundo, 2006. “Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui pendikatan pembelajaran inkuiri pada siswa sd”. Jurnal imiah cakara olah piker edukatif 1 (2014)
Dyah Rufaidah, Anis. 2011. Mengenal Cuaca. Klaten: Penerbit Cempaka Putih.
Fathurrohman, Muhammad. dkk. 2018, Belajar dan Pembelajaran, Depok Sleman Yogyakarta: Kalimedia
Hasibuan, M. I. (2004) Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidika dan Saint. 2. 01.
Istarani, 2018. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Kurt Lewin, 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Padangsidimpuan: Perdana Mulya Sarana
Nizar, Ahmad, 2014, Metode Penelitian Tindakan: Bandung: Perdana Mulya Sarana
Pingge, Heronimus Delu and Muhammad Nuru Wangid Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahamad Dahlan 2. 1 (2016):1007-122
Riyanto Yatim, 2009. Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Sanjaya, Wina. 2005, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kopetensi, Jakarta: Prenada Media Group.
Shoimin, Aris. 2014, 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: AR-Ruzz Media
Sudjana.2005. Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhdap hasil belajar matimatika. Jurnal Pendidikan Unsika.Vol 3. Tahun 2016. Hal 4
Suparno, 2012. Analisis model pembelajaran Discaveri Learning dalam pembelajaran hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. Vol 3. Tahan 2016. Hal 13
Suroso. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Pararaton.
Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group
Susanto, Ahmad. 2013. Penggunaan bahan ajar IPA terpadu dengan tema untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Jurnal Bahan Ajar IPA Terpadu. Vol 9. Tahun 2017