UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS NASKAH PIDATO MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIKELAS IV SD NEGERI NO. 157019 PINANGSORI

Isi Artikel Utama

Fitriani Gultom
Monica Theresia
Nurzanna Nurzanna

Abstrak

Abstract


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Jigsaw pada peserta didik kelas IV SD Negeri No. 157019 Pinangsori pada materi menulis naskah pidato. Jenis penilitian ini menggunakan PTK (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri No. 157019 Pinangsori yang berjumlah 16 orang sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada materi menulis naskah pidato. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil siklus I menunjukkan hasil observasi dari kegiatan pembelajaran sebesar 75% (kategori cukup) dan rata – rata hasil belajar menulis naskah pidato adalah 73,75 di mana 9 peserta didik (56,25%.) yang tuntas dan 7 peserta didik (43,75%) tidak tuntas. Selanjutnya siklus II menunjukkan hasil observasi dari kegiatan pembelajaran sebesar 85% (kategori  baik) dan rata – rata 85,62 di mana 100% peserta didik tuntas dalam pembelajaran menulis naskah pidato. Disimpulkan, mata pelajaran menulis naskah pidato dapat ditingkatkan dengan penggunaan metode Jigsaw pada peserta didik kelas IV SD Negeri No. 157019 Pinangsori.


 Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Metode Jigsaw


 


.


Abstract


 


This study aims to know the use of the Jigsaw method at fourth grade students of SD Negeri No. 157019 Pinangsori on material for writing speeches. This type of research used CAR (Classroom Action Research). The subjects in this study were all fourth grade students at SD Negeri No. 157019 Pinangsori amounting to 16 people, while the object of this research is the improvement of student’s achievement in speech writing material. Data collection techniques used observation and test. The results of the first cycle showed that the results of observation from learning activities is 75% (enough category) and the average of student’s achievement of writing speeches is 73.75 which 9 students (56.25%.) are completed and 7 students (43, 75%) are not completed. Furthermore, cycle II shows the results of observation from learning activities is 85% (good category) and an average of student’s achievement is 85.62 which 100% of students are completed in learning to write speeches. It’s concluded,   writing speeches subject can be improved by using the Jigsaw method for fourth grade students of SD Negeri No. 157019 Pinangsori.


 


Keywords: improved learning outcomes, jigsaw method

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Gultom, Fitriani, Monica Theresia, dan Nurzanna Nurzanna. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS NASKAH PIDATO MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIKELAS IV SD NEGERI NO. 157019 PINANGSORI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 1 (Februari 15, 2022): 1–7. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/231.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>