PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 98 PALEMBANG

Isi Artikel Utama

Muhammad Irfan Faizudin
Erma Yulaini

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode tanya jawab terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 98 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Populasi adalah keseluruhan subyek yang akan diukur, yang merupakan unit yang diteliti. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 di SD Negeri 98 Palembang yang berjumlah 50 siswa.. Adapun kelas yang akan menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas 4 SD Negeri 98 Palembang yang berjumlah 25 untuk kelas eksperimen dan 25 untuk kelas kontrol. Pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : Hasil dari penelitian ini nilai uji hipotesis data hasil posttes siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai ???????????????????????? =3,815 dan nilai ????????????????????????=2,010 dengan α = 0,05 dan df = 48 maka 3,815 > 2,010 sehingga ???????????????????????? > ???????????????????????? sesuai dengan prasyarat uji hipotesis maka Ha diterima dan Ho ditolak.dimana hasil belajar memberikan nilai signifikasikan yang tinggi dan membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir untuk menghadapi kemajuan zaman di era yang akan datang, serta dapat beradaptasi dengan baik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Faizudin, Muhammad Irfan, dan Erma Yulaini. “PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 98 PALEMBANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 110–120. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2503.
Bagian
Artikel

Referensi

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge Terhadap Buku Guru IPAS Pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. 6(5), 9180–9187.

Andreani, D., & Gunansyah, G. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merseka. JPGSD, 11(9), 1841-1854.

Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran[Monograph]. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran.

Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT Rineka Cipta.

Atkisson, A. (2023). The ISIS Agreement: How Sustainability Can Improve Organizational Performance And Transform The World(1st Edition). Routledge.

Azhari, A., Helmiyadi, H., & Rahayu, R. (2021). Analisis Strategi Bertanya Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 1 Seunudon Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Metamorfosa, 9(2), 252-269.

Azzahra, I. E., Nurhasanah, A., & Hermawati, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS Di SDN 4 Purwawinangun. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri ISSN, 09(2), 6230–6238.

Benu, A. Y., & Mbuik, H. B. (2024). Analisis Peran Ipas Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Gambaran Ideal Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. HINEF: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 76-80.

BSKAP, “Capaian Pembelajaran Pada PAUD, Jenjang Dikdas, Dan Jenjang Dikmen Pada Kurikulum Merdeka,” Keputusan Kepala BSKAP Nomor 033/H/KR/2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidik. Kemendikbudristek No. 008/H/KR/2022, 2022.

Darmadi. 2017. Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa.Yogyakarta: CV Budi Utama.

Darniyanti, Y., Hader, A. E., & Putri, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas IV SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14586-14596.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 321-334.

Fauzia, S. N. (2021). Analisis Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).

Goal, B. K., Silaban, P. J., & Sitepu, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SD. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 767-782.

Hamalik, Oemar. 2018. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hujair. AH. Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dirpantara.

Kemdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Fase A - Fase C. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Kepala Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan. (2022). Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. No. 033/H/KR/2022

Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2018). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: NoerFikri Offset.

Kustnadi, Cecep & Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Galia Indonesia

Ibrahim. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Rineke Cipta.

Lafendry, F. (2023). Teori Pendidikan Tuntas Mastery Learning Benyamin S. Bloom. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 1-12.

Manik, I. K. (2020). Efektivitas Metode Tanya Jawab Multi Arah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 133-142.

Marno Dan Idris, M. (2009). Strategi Dan Metode Pembelajaran, Malang: Ar-Ruz Media

Merona, S. P. (2017). Kombinasi Tutorial dengan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika di Perguruan Tinggi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 153-162.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174-183.

Nur, M., & Kusrini, K. (2022). Penggunaan Strategi Bertanya Guru (Strabergu) Dan Media Audio Visual (Meauvi) Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Adiba: Journal Of Education, 2(2), 166-176.

Nurhayati, N., & Fairuz, T. (2023). Analysis Of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content On Students’ Textbook Of Natural And Social Sciences Subject For Grade V Elementary School. Eduline: Journal Of Education And Learning Innovation, 3(1), 90–95.

Rahman, Habibu, Dkk. 2020. Assesmen Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.

Rahim, Farida. 2015. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmanita, B. N., & Majdi, L. M. K. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial) Pada Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6549-6561.

Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). Analisis Kritis Materi IPS Dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43-54.

Sitohang, J. (2017). Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Suara Guru, 3(4), 681-688.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif. Kualitatif. Kombinasi, R&D, Dan Penelitian Pendidikan). Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Suprijono, A. 2019. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surakhmad, Winarmo. 2011. Dasardasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineke Cipta.

Sutikno, M. Sobry. (2013). Belajar Dan Pembelajaran, Upaya Kreatif Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Berhasil :Lombok: Holistica.

Syarifuddin, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Ta’dib; Vol 16, No 01 (2011), 113–136. Retrieved From Http://Jurnal.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Tadib/Article/View/57/52

Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16-35.