PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 3 SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan menjadi suatu proses pembelajaran di sekolah menjadi hal yang dibutuhkan setiap manusia. Model pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru dipilih sesuai dengan karakteristik peserta didik dengan mengimplementasikan student center. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah pada mata pelajaran matematika. Keaktifan peserta didik dalam memecahkan suatu permasalahan dalam kehidupan nyata menjadi dampak rendahnya hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas III B SDN Pedurungan Kidul 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experiment design dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest. Hasil penelitian menununjukkan nilai tertinggi sebelum diberikan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan curturally responsive teaching adalah 72 dan terendah 42. Kemudian untuk rata-rata hasil tes siswa adalah 58,07. Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan, siswa mendapatkan nilai terendah yaitu 76 dan tertinggi 96, sedangkan untuk rata-rata nilainya adalah 84,43. Nilai rata-rata posttest yang memiliki selisih yang cukup besar dengan nilai rata-rata pretest menunjukkan bahwa ada pengaruh dari penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan CRT terhadap hasil hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas 3 SD N Pedurungan Kidul 01.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Andriansyah, E. N., & Sulistyowati, P. (2024). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Keberagaman Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika Kelas V. Seminar Nasional PPG UNIKAMA, 1(2), 2683–2690.
Ariyani, A., Darmadi, D., Nurhayati, L. Y., (2024). Implementasi Model PBL Terintegrasi Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa di SDN Beran 4 Ngawi. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3(3), 114–120. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/5810%0Ahttps://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/viewFile/5810/4623
Dynawantika, R., Tryanasari, D., & Sugianingsih, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Dengan Pendekatan Crt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gotong- Rotong Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(September), 478–487.
Fauzia, H. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611
Girsang, B., Maryanti, I., Nasution, U., Matematika, P. P., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2024). Penerapan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan CRT. JMES (Journal Mathematics Education Sigma), 162–169.
Hamdalia Herzon, H., Budijanto, & Hari Utomo, D. (2017). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Hariyanti, S., Hadi, F. R., & Kuswardiyanti, H. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 05(02), 7–8.
Junaedi Ifan. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Jisamar, VOL. 3 NO.(2), 19–25.
Khasanah, I. M. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE), 3(2), 7–14. https://doi.org/10.51700/alifbata.v3i2.514
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
Rochaminah, S., Baid, N., & Lantang, N. D. J. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar. EULER : JURNAL ILMIAH MATEMATIKA, SAINS DAN TEKNOLOGI, 12(2), 149–156.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.