PENGARUH PENDEKATAN TARL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS 4 DI SDN PEDURUNGAN KIDUL 01

Isi Artikel Utama

Dewinta Arum Maulida
Duwi Nuvitalia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas 4 di SDN Pedurungan Kidul 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 4 di SDN Pedurungan Kidul 01 dan sampel diambil secara random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan TaRL memberikan pengaruh signifikan pada proses pembelajaran . Hasil uji hipotesis menggunkan Independent Sample T-Test menunjukkan hasil 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan di antara kedua data tersebut. Dengan demikian, penggunaan pendekatan TaRL berpengaruh terhadap hasil bellajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas 4 di SDN Pedurungan Kidul 01.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maulida, Dewinta Arum, dan Duwi Nuvitalia. “PENGARUH PENDEKATAN TARL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS 4 DI SDN PEDURUNGAN KIDUL 01”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 2143–1249. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2727.
Bagian
Artikel

Referensi

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242

Indartiningsih, D., Mariana, N., & Subrata, H. (2023). Perspektıf Glokal Dalam Implementası Teachıng At The Rıght Level(Tarl) Pada Pembelajaran Berdıfrensıası Pada Kurıkulum Merdeka. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1984–1994. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7547

Mangesthi, V. P., Setyawati, R. D., & Miyono, N. (2023). Pengaruh Pendekatan TaRL terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 19097–19104. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/9405

Meinawati, R., Wicaksono, V. D., Firnanda, Z. I., Nina, P. La, Sunipah, A., & Surabaya, U. N. (2024). The Impact of Implementing the Teaching at the Right Level ( TaRL ) Approach on Learning Outcomes for 4th Grade Students in Photosynthesis Material at SDN Kalisari II Surabaya Pengaruh Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level ( TaRL ) Terhadap Has. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 5(2), 272–280.

Mitha Sintiani, Elly Sukmanasa, A. N. D. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN TARL BERBANTUAN MEDIA KONKRET PAPAN DADU DIAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI SDN KEDUNG BABAK 2. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 1–23.

Muchson, M., Damayanti, S., & ... (2023). Perbandingan Hasil Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Asesmen Pada Kurikulum 13 Dan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Pada Sma …. Seminar Nasional …. https://prosiding.uim.ac.id/index.php/senias/article/view/319%0Ahttps://prosiding.uim.ac.id/index.php/senias/article/download/319/213

Nur, A., & Suraya, I. (2024). Pengaruh Pendekatan TaRL Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Magnet Dilihat dari Tingkat Kemampuan Awal Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 5(1), 1–8. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jipshttps://doi.org/10.37729/jips.v5i1.4280%7C

Rosyidah, N., & Hidayah, I. N. (2024). PEMBELAJARAN PJBL PADA MATA PELAJARAN IPA Nurlaili Rosyidah , Indriati Nurul Hidayah. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i4.2024.5

Syafaah, D. S. N., Nugroho, A. A., & Nuruliarsih, N. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 260–265. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.482

Yuliana, S., Risdayanti, D., & Iwinarno, I. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level Dengan Media Match Mission Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas 3 di SDN Kotalama 5 Malang. Seminar Nasional PPG UNIKAMA, 1(2), 1004–1018.