PENGARUH PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SDN PEDURUNGAN KIDUL 01
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan menjadi salah satu komponen penting bagi kehidupan manusia yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku manusia. Sebagai guru, harus mampu mengidentifikasi kelemahan setiap peserta didik, memberikan bimbingan yang sesuai dengan kemampuan peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV serta perbedaan tingkat kemampuan kognitif yang cukup signifikan antara peserta didik yang tidak difasilitasi dengan pembelajaran yang baik. Metode penelitian yang digunakan yakni eksperimen menggunakan One-Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes dilakukan sebanyak dua kali yakni prestest dan posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik non probability sampling dengan sampel jenuh yang berjumlah 28 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 dimana kurang dari taraf signifikannya 0,05. Hasil nilai pretest yang semula 52,50 pada posttest naik menjadi 71,42 setelah diberikan model pembelajaran TaRL. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN Pedurungan Kidul 01.
Kata Kunci: Teaching at the Right Level, TaRL, hasil belajar
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Dzahabiyyah, S. N., Gembong, S., & Nurnaningsih, D. R. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 6 Madiun Pada Mata Pelajaran Matematika. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13685-13694.
H, H. A., Yunus, S. R., & Alim, M. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik SMP. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 1070-1075.
Izzah, N., Djangi, M. J., & Mansur. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Teaching at the Right Level untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik . Jurnal Pemikiran Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 1000-1008.
Labudasari, E., Rochmah, E., Cucu, Risnawati, Adiwioga, O., & Nurlaeni, L. (2023). Kurikulum Merdeka Teori dan praktik di Sekolah. Bandung: Indonesia Emas Group.
Listianingsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan TaRL Model PBL dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani:Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 620-627.
Magfirah, F., Haris, A., & Ernie. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 859-867.
Meinawati, R., Wicaksono, V. D., Firnanda, Z. I., Nina, P. L., & Sunipah, A. (2024). Pengaruh Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fotosintesis Kelas 4 di SDN Kalisari II Surabaya. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 5(2), 272-280.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandunng: Alfabeta.
Suharyani, Suarti, N. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470-479.
Utami, P. I., Hiltrimartin, C., & Widioktafarani, H. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 109 Palembang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 12540-12548.
Zahra, K., Diansyah, A., & Gultom, I. M. (2024). Penerapan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik. ALACRITY: JOurnal Of Education, 4(1), 107-118.