PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PANCASILA KELAS III DI SDN PEDURUNGAN KIDUL 01 SEMARANG

Isi Artikel Utama

Alissa Qothrunnada
Duwi Nuvitalia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa serta untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas III pada mata pelajaran Pancasila di SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pre-eksperimen. Desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Pedurungan Kidul 01 Semarang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah Tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data deskriptif, diperoleh nilai rata-rata pretest peserta didik = 52,75 dan pada posttest = 77,75. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Paired Sample t-test, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan TaRL berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pancasila di Kelas III SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang.


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Qothrunnada, Alissa, dan Duwi Nuvitalia. “PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PANCASILA KELAS III DI SDN PEDURUNGAN KIDUL 01 SEMARANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1236–1242. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2719.
Bagian
Artikel

Referensi

Ainun, H., Yunus, S. R., & Alim, M. H. (2023). Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 1070–1075.

Anggraini, L., Srijani, N., & Muhajir, P. (2024). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di Sekolah Dasar. Journal Innovation in Education, 2(4), 185–196. https://doi.org/https://doi.org/10.59841/inoved.v2i4.1908

Harahap, Z., Rosadi, M., Ningsih, A. M., Hutabarat, E. I., & Butar, A. B. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL Dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V UPT SD Negeri 060843 Medan Barat. Journal on Education, 07(01), 4236–4244.

Henniwati. (2021). Efektifitas Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Determinan Dan Invers Matriks Pada Siswa Kelas X Mm1 Smk Negeri 1 Kabanjahe Di Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 83–88. https://doi.org/10.37755/sjip.v7i1.424

Komariah, I., & Rahmah, M. (2024). PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(03), 332–342. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.3950

Mustofa, M., Alfan, M., & Slamet Arifin. (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERLIBATAN SISWA SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(3), 79–88. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd

Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94

Ritonga, D., & Napitupulu, S. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Education & Learning, 4(1), 38–45. https://doi.org/10.57251/el.v4i1.1292

Savitri, N. M. T., Baidowi, & Suntoko, M. I. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mandalika Mathematics and Education Journal, 6(2), 595–607. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.29303/jm.v6i2.7813 Penerapan

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Wulandari, I. S., Januar, H., Rini, A. S., Wijayanti, A., Semarang, U. P., Islam, S. D., & Madina, A. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Kelas II Pembelajaran Matematika. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(4), 9529–9538.