ANALISIS 4 PILAR (PANGAN, KESEHATAN, LINGKUNGAN HIDUP, SOSIAL BUDAYA) PENDIDIKAN PADA SANGGAR ANAK ALAM DALAM MEMBANGUN KARAKTER KREATIF DAN RASA INGIN TAHU

Isi Artikel Utama

Kurnia Nur Aisyah
Amanda Cahyaningrum
Nisrinda Nasywa Tsuraya
Ichsan Dwi Nurrizal
Adellia Nur Aini
Taufik Muhtarom

Abstrak

Tujuan dari penelitian pada sanggar anak alam ini untuk 1) mengetahui analisis pilar pangan dalam membentuk karakter kreatif dan rasa ingin tahu; 2) mengetahui analisis pilar kesehatan dalam membentuk karakter kreatif dan rasa ingin tahu; 3) mengetahui analisis pilar lingkungan dalam membentuk karakter kreatif dan rasa ingin tahu; 4) mengetahui analisis pilar sosial budaya dalam membentuk karakter kreatif dan rasa ingin tahu. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara Analisis deskriptif, teknik ini digunakan untuk mendeskripsikan performa data yang sudah ada untuk menarik kesimpulan. Hasil perolehan dalam penelitian ini adalah Sekolah Alam di Sanggar Anak Alam memiliki empat model kurikulum atau empat pilar yang terdiri dari pangan, kesehatan, lingkunan hidup, dan sosial budaya. Keempat kurikulum atau pilar ini kemudian diturunkan ke dalam berbagai metode pembelajaran yang dapat membentuk karakter peserta didik khususnya karakter kreatif dan rasa ingin tahu yang dituangkan melalui proses pembelajaran yang dilakukan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Aisyah, Kurnia Nur, Amanda Cahyaningrum, Nisrinda Nasywa Tsuraya, Ichsan Dwi Nurrizal, Adellia Nur Aini, dan Taufik Muhtarom. “ANALISIS 4 PILAR (PANGAN, KESEHATAN, LINGKUNGAN HIDUP, SOSIAL BUDAYA) PENDIDIKAN PADA SANGGAR ANAK ALAM DALAM MEMBANGUN KARAKTER KREATIF DAN RASA INGIN TAHU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 568–577. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2673.
Bagian
Artikel

Referensi

Ananta, A., Brantasari, M., & Anggraeni, A. (2024). Pendidikan , Kesehatan , dan Ekonomi : Pilar-Pilar Kesejahteraan Keluarga di Kalimantan Timur. 9(September), 128–135.

Damariswara, R. (2021). PENYULUHAN PENDIDIKAN KARAKTER ADAPTASI THOMAS LICKONA DI SDN GAYAM 3. 1(1), 33–39.

Fauzi, A. R., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Sosial Melalui Discovery. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 83–93.

Febriani, N. (2019). Pendekatan Saintifik Sebagai Konsep Dasar Pembelajaran Siswa Di Sanggar Anak Alam (Salam) Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.31316/jk.v3i1.509

Glavič, P. (2020). Identifying key issues of education for sustainable development. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 12, Issue 16). https://doi.org/10.3390/su12166500

Hadi, N. (2017). Peran Biaya Sosial Terhadap Peningkatan Kinerja Social Responsibilitypada Perusahaan Industri Manufaktur Listed Dibursa Efek Indonesia. Iqtishadia, 10(2), 29. https://doi.org/10.21043/iqtishadia.v10i2.2609

Hadian, V. A., Maulida, D. A., Faiz, A., Pendidikan, F., Pengetahuan, I., Indonesia, U. P., Pendidikan, F. I., Semarang, U. N., & Cirebon, U. M. (2022). Peran lingkungan keluarga dalampembentukan karakter. 10(1), 240–246.

Irsan, Andi Lely Nurmaya G, Maryam Nurlaila, Irsan, Andi Lely Nurmaya G, Maryam Nurlaila, Syamsurijal, A. A. A. (2024). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Kearifan Lokal Sebagai Pilar Utama dalam Pembentukan Karakter Siswa : Eksplorasi dalam Konteks Pembelajaran di Sekolah Dasar. 6(2), 1814–1825.

Jannah, L. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al-Qur’an. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 2(2), 81–109. https://doi.org/10.46773/muaddib.v2i2.84

Karyati, E. S., Shunhaji, A., & Sarnoto, A. Z. (2024). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SEKOLAH ALAM CIKEAS, JAWA BARAT.pdf.

Khoiri Robihatul Musayadah, E. M. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER CORE VALUES DI SEKOLAH ALAM PADA MASA PANDEMI COVID-19(STUDI KASUS DI MI PELANGI ALAM PONOROGO). Journal of Islamic Education & Management.

Kholik, A., & Laeli, S. (2020). Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Sekolah Alam Berbasis Model Resource-Based View. Tadbir Muwahhid, 4(1), 73. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i1.2540

Kholis, N., & Rigianti, H. A. (2023). Korelasi Antara Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Riset Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Di Salam (Sanggar Anak Alam). Khazanah Pendidikan, 17(2), 139. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.19224

Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 14. https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13336

Masithoh, S., Miftah, H., & Belakang, L. (2020). ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN BERAS ORGANIK DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Jurnal Agribisains, 6, 89–100.

Mayanti, I. (2020). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI MI AL- ITTIHADUL ISLAMIYAH AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020.

Muhammad, F. (2016). Pembawaan, Keturunan, Dan Lingkungan Dalam Perspektif Islam. 379–406.

Mujiyanto, S. S. (2024). Epidemiologi: Dasar Penyakit Dan Penyebarannya. Kesehatan Masyarakat Konsep Dan Aplikasi.

Nainggolan, J. (2022). Lingkungan pembelajaran dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(2).

Nerizka, D., Latipah, E., & Munawwir, A. (2021). Faktor Hereditas Dan Lingkungan Dalam Membentuk Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 55–64. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.38234

Nidyawati, D. E. (2017). Konsep Dan Implementasi Pendidikan Berbasis Alam Di Sanggar Anak Alam ( Salam ) Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta The Concept And Implementation Of Nature-Based Education. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 4(6), 13. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/sakp/article/viewFile/9257/8939

Nuraeni, M. F. R. (2022). SOSIALISASI “UMI ABI: UPAYA MITIGASI BENCANA BANJIR” KEPADA MURID KELAS SEKOLAH DASAR ALAM PELOPOR BANDUNG.

Pratama, D. (2021). Profesionalitas Guru Melalui Pendekatan Empat Pilar Pendidikan Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Siswa. Jurnal Paris Langkis, 1(2), 126–139. https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2482

Rokhmah, U. N., & Munir, M. (2021). Implementasi Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 63. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i1.5314

Rusmiati, E. T., Firmansyah, Y., & Rohaniah, Y. (2023). Revitalisasi Nilai-Nilai Agama dan Budaya dalam Kearifan Lokal Sekolah Alam di Sukabumi. 116–123.

Saraswati, K. (2019). PENINGKATAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA IPA MELALUI GUIDED DISCOVERY. 942–952.

Sidiq, A. M., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan Kreativitas Anak melalui Konsep Merdeka Belajar di Sanggar Anak Alam. SELING: Jurnal Program Studi …, 6, 146–156. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/630

Sri Handayani Sirait, I. F. P. (2022). Sekolah Alam Dengan Pendekatan Arsitertur Ekologi. 5(1), 1–4. https://doi.org/10.32734/ee.v5i1.1464

Wulan Agustin Ningrum, U. W. (2017). Keamanan pangan anak sekolah dasar di kelurahan pekajangan kecamatan kedungwuni terhadap persepsi orang tua dan guru 1,2. The Fifth Flurecol Proceeding. UAD., February, 1162–1170.

Zajacova, A., & Lawrence, E. M. (2018). The Relationship Between Education and Health : Reducing Disparities Through a Contextual Approach. January, 1–17.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama