SIKAP GURU TERHADAP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PESERTA DIDIK AUTIS DI KECAMATAN CIBINONG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pembelajaran berdiferensiasi dapat dikatakan strategi yang tepat karena pembelajaran berdiferensiasi merupakan metode pengajaran yang menitik beratkan pada kebutuhan belajar siswa dalam hal kesiapan belajar, profil belajar, minat dan juga keterampilan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk melihat bagaimana tingkatan sikap guru di SMP Citra Nusa, SMP Islam Plus Daarul Jannah dan SMP Al Azhar Syifa Budi terhadap pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan 3 komponen sikap, yaitu komponen kognitif, komponen afektif dan komponen konatif. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Data kuantitatif yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, kemudian mendeskripsikan data dari hasil penelitian yang akurat dan tepat. Populasi dalam penelitian ini target populasinya adalah 68 guru dari SMP Citra Nusa, SMP Islam Plus Darul Jannah dan SMP Al Azhar Syifa Budi. sampel pada setiap sekolah, didapatkan jumlah sampel pada penelitian ini dengan total sebanyak 58 responden. Hasil penelitian dan pembahasan pada faktor kognitif, mayoritas 45% (27 guru) memiliki sikap cukup baik, di bandingkan dengan rata-rata yang didapatkan yaitu 22,85. faktor afektif diatas, dapat dilihat bahwa presetasi paling tinggi yaitu pada kategori cukup baik dengan total 31 guru (52%). dan pada faktor konatif diatas, dapat dilihat bawah pada kategori cukup baik yang memiliki presentasi yaitu 35% (21 guru). Berbanding terbalik dengan kategori sangat kurang baik dimana memiliki presentasi 0%. Sikap guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi pada siswa autis di tiga sekolah menengah yaitu di SMP Citra Nusa, SMP Islam Plus Daarun Jannah dan SMP Al Azhar Syifa Budi, dikategorikan bahwa sikap guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi pada siswa autis dari ketiga factor cukup baik.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Azhari dan Dafit. 2021. “Pelaksanaan Pembeljaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 3: 1191-1197.
Herwina, Wiwin. 2021. “Optimalisasi kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi”, Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, Vol. 35, No. 2:167..
Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1–58
Mulyawati, Y., Zulela, M., & Edwita, E. (2022). Differentiation Learning to Improve Students Potential in Elementary School. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 6 No. 1, 68–78.
Octavia, S. A. (2019). Sikap dan kinerja guru profesional. Yogyakarta: Deepublish.
Octavianti dan Putri, (2019) “Sikap Siswa SMA di kota Bandung terhadap Informasi Mengenai Program Studi di Perguruan Tinggi Negeri Indonesia”, Jurnal Komunikasi universal, Vol. 1, No. 1: 43-45.
Safitri, D., & Sos, S. (2019). Menjadi guru profesional. PT. Indragiri Dot Com.
Sastra Wijaya, Mohammad Syarif, Sumantri, dan Nina Nurhasanah, (2022). “Implementasi Merdeka Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Sekolah Dasar,” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, Vol.8, No.2: 1495–1506.
Muspawi, M. (2023). Analisis Peningkatan Kompetensi Guru melalui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi. Studia Manageria, Vol.5 No.2, 97-108.
Utami, Ajeng Reto., Suhendri., & Dian, Primaningrum. 2019. “Hubungan Antara Kretativitas Guru dengan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, Vol.4, No. 2.
Suwandi, F. P. E., Rahmaningrum, K. K., Mulyosari, E. T., Mulyantoro, P., Sari, Y. I., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Konten terhadap Minat Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 57-66).
Kusumastuti, A., Khoirin, A. M., & Achmadi, T.A. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish: Yogyakarta.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137.
Kusumastuti, A., Khoirin. A.M., dan Achmadi, T.A. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish: Yogyakarta.
Wahyuni. M. 2020. Statistik Deskriptif untuk Penelitian Olah Dtata Manual dan SPSS Versi 25. Bintang Pustaka Madani: Yogyakarta.
Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40-59.