PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY DI SKH SOFIANA ARRAUF

Isi Artikel Utama

Reshanandra Putri
Sistriadini Alamsyah Sidik
Yuni Tanjung Utami

Abstrak

Anak cerebral palsy adalah anak yang mengalami masalah fisik dan motorik yang disebabkan oleh kerusakan di dalam otak. Salah satu akibat yang umum terjadi pada anak dengan kondisi cerebral palsy yaitu kesulitan dalam melakukan kegiatan motorik, baik kasar maupun halus. Dalam kegiatan keseharian, kemampuan motorik halus menjadi elemen dasar yang perlu dikuasai oleh anak, tidak terkecuali pada anak cerebral palsy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus anak cerebral palsy hemiplegia menggunakan permainan tradisional congklak. Dalam penelitian ini, bermain congklak dengan pendekatan game based learning merupakan perlakuan yang diberikan. Penelitian ini adalah penelitian jenis kuantitatif metode eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR) dan menggunakan desain reversal A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes perlakuan melalui instrumen yang telah di uji validitas isi berupa expert judgement dan uji reliabilitas konsistensi internal dengan teknik alpha cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dengan hasil perolehan berbentuk grafik. Subjek yang diteliti adalah seorang anak cerebral palsy tipe hemiplegia kelas 4 (fase B) SDKh berinisial AR. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan permainan congklak mampu meningkatkan kemampuan motorik halus cerebral palsy hemiplegia di SKh Sofiana Arrauf, ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata data pada keempat target behavior (menggerakkan jari, menjumput, memegang dan memindahkan benda) setelah diberikannya intervensi/perlakuan. Dengan demikian, kesimpulan pada penelitian ini adalah permainan tradisional congklak mampu meningkatkan keterampilan motorik halus cerebral palsy tipe hemiplegia kelas 4 SDKh di SKh Sofiana Arrauf.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putri, Reshanandra, Sistriadini Alamsyah Sidik, dan Yuni Tanjung Utami. “PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY DI SKH SOFIANA ARRAUF”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4296–4306. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3262.
Bagian
Artikel

Referensi

Andriani, S., Fadilah, Y., & Faliya, F. (2025). Implementasi Aplikasi Bamboozle Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Dasar Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), Vol. 5 No. 2, 782–789. doi:https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i2.2556

Anita. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B Paud Melati Desa Petapa Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong. Sulawesi Tengah: Universitas Tadulako.

Atmaja, J. R. (2017). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Creswell, J., & Creswell, J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Harahap, F., & Seprina. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami. Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, Vol. 2 No. 2, 57-62. doi:http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v2i2.1284

Mangande, O. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Keterampilan Melipat Kertas Origami Pada Anak Cerebral Palsy Kelas Dasar Iii Di Slb Negeri 1 Sidrap. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Nimah, N. (2019). Upaya Komunitas Kampoeng Dolanan Surabaya Dalam Melestarikan Permainan Tradisional. Doctoral dissertation, 257-271. Retrieved from http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87878

Riani, Usman, & Sulasminah, D. (2024). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Penerapan Bermain Slime pada Murid Cerebral Palsy Tipe Spastik Kelas II di SLB Negeri 1 Makassar. Pinisi Journal Of Education, 2. Retrieved from https://eprints.unm.ac.id/29040/1/JURNAL%20RIANI%20.pdf

Sujiono, B., Sumantri, M., & Chandrawati, T. (2014). Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Susetyo, B. (2022). Trik Penelitian di Lingkungan Pendidikan . Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Ulfah, A., Razali, R., & Rahman, H. (2022). Ragam Analisis Data Penelitian (Sastra, Riset dan Pengembangan). Madura: IAIN Madura Press.

Wardani, I., Tarsidi, D., Hernawati, T., & Astati. (2018). Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.