PENERAPAN METODE SENAM OTAK ARM ACTIVATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA DI SKH JANNATUL AULAD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan metode senam otak arm activation dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas IV SDKh di SKh Jannatul Aulad. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, terdapat dua siswa yang mengalami hambatan dalam kemampuan menulis permulaan. Hal ini ditandai dengan kesulitan menggerakkan alat tulis sehingga tulisan terlalu tebal dan keluar garis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan single subject research dan desain penelitian A-B-A. Subjek pada penelitian ini adalah dua siswa kelas IV SDKh di SKh Jannatul Aulad yaitu, NFT dan RF. Sasaran perilaku dalam penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada tahap menebalkan garis putus-putus pola dasar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode senam otak arm activation dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa. Perolehan data terhadap subjek NFT dan subjek RF yang didapat dari nilai mean level pada fase baseline 1 (A1) adalah 25% dan 35% yang mana pada fase ini kedua subjek diteliti dalam kondisi alamiah tanpa intervensi. Pada fase intervensi (B) rata-rata persentase subjek sebesar 66,6% dan 69,16%, pada fase ini kedua subjek sudah mulai diberikan intervensi atau perlakuan berupa senam otak arm activation. Sementara pada fase baseline 2 (A2) rata-rata persentase subjek sebesar 71,6% dan 75% atau meningkat dari baseline 1 (A1). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode senam otak arm activation dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita kelas IV SDKh di SKh Jannatul Aulad.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aristiyani, C. (2015). Pengaruh Senam Otak Arm Activation (Mengaktifkan Tangan) Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Autistik Kelas VI Di Slb Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Journal.Student.Uny.Ac.Id, 4(April). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/plb/article/viewFile/6498/6279
Eliasa, E. I. (2007). Brain Gym, Brain Games (Mari Bermain Otak dengan Senam Otak).
Irdamurni. (2018). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Kuningan: Goresan Pena.
Krissandi, A. D. S, dkk. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Bekasi: Media Maxima.
Muhyidin, A. (2017). Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Bahasa Indonesia Di Kelas Awal. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(2), 1–13. https://doi.org/10.21009/bahtera.152.01
Prahmana, R. C. . (2021). Single Subject Research Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar. Yogyakarta: UAD Press.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.