PENERAPAN MEDIA LARGE MOVEABLE ALPHABET (LMA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS IV DI SKH SAMANTHA KOTA SERANG

Isi Artikel Utama

Resi Saputri
Neti Asmiati
Sayidatul Maslahah
Siti Musayaroh

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media Large Moveable Alphabet (LMA) untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada siswa tunagrahita kelas IV di SKh Samantha Kota Serang. Sebagaimana temuan dilapangan bahwa siswa masih belum mampu dalam menulis permulaan huruf abjad. Siswa juga mengalami kesulitan dalam menyalin huruf dan juga kurang antusias saat belajar menulis huruf. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan suubjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV di SKh Samantha Kota Serang yakni, S. Target Behavior dalam penelitian ini adalah meingkatkan kemampuan menulis permulaan. Berdasarkan temuan penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan media Large Moveable Alphabet (LMA) dapat meninggkatkan kemampuan menulis permulaan siswa. Perolehan data terhadap subjek yang didapat dari nilai mean level fase Baseline 1 (A1) adalah 25 pada fase ini subjek diteliti berada dalam kondisi alamiah tanpa adanya perlakuan atau Intervensi. Pada fase intervensi (B) perolehan data yang didapat dari nilai mean level subjek sebesar 78,876 karena pada fase ini subjek sudah mulai di berikan perlakuan atau intervensi berupa media Large Moveable Alphabet. Sementara pada fase Baseline 2 (A2) rata-rata presentase mean level subjek 57 atau meningkat dari Baseline 1 (A1). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan media Large Moveable Alphabet (LMA) memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita kelas IV di SKh Samantha Kota Serang.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Saputri, Resi, Neti Asmiati, Sayidatul Maslahah, dan Siti Musayaroh. “PENERAPAN MEDIA LARGE MOVEABLE ALPHABET (LMA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS IV DI SKH SAMANTHA KOTA SERANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1360–1367. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2817.
Bagian
Artikel

Referensi

Hadyanti, P. T. (2022). Problematika Pembelajaran Menulis Permulaan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 886–893. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2032

Juanda, A. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Penggunaan Moveable Alfhabet Pada Murid Cerebral Palsy Kelas III Di SLB Negeri 1 Gowa. 6.

Kemis, & Rosnawati, A. (2013). Pendidikan Anak. Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. PT. Luxima Metro Media.

Legiharti, S. (2023). Pembelajaran Menulis Melalui Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik. Pustaka Egaliter.

Nisa, F. L. (2024). Pengaruh penggunaan media large movable alphabet terhadap keterampilan membaca permulaan kelas i sdn petukangan utara 09.

Rahman, Hartati, T., Amelia, D., Rikmasari, R., Yugafiati, R., Hardini, T. I., & Sauri, S. (2020). The Use of Circuit Learning Model in Improving Students’ Writing Skills in Elementary School. Proceedings of the 4th International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2020), 586–591. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.201215.091

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal.

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392