PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL PADA KELAS V SD NEGERI 0311 HUTABARU SOSOPAN

Isi Artikel Utama

Nico Sri Rahayu
Monica Theresia
Sartika Rati Asmara Nasution

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan CTL (Cooperative teaching Learning) dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar pembelajaran tematik pada subtema manusia dan lingkungan dengan menggunakan pendekatan CTL. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 0311 Hutabaru Sosopan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 12 siswa. Adapun objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar pada subtema manusia dan lingkungan menggunakan pendekatan CTL. Penelitian ini menggunakan jenis PTK. Data di analisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif di mana instrumen observasi (mengetahui aktivitas siswa dalam belajar) dan tes (mengetahui hasil belajar siswa) digunakan.  Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan lembar observasi sebesar 64.38 (fair category) dan hasil daripada tes menunjukkan rata - rata 74 (kategori cukup) di mana 41.61% (8 siswa) mencapai KKM. Siklus II menunjukkan lembar observasi sebesar 79.38 (category baik) dan hasil daripada tes menunjukkan 78 (kategori baik) di mana 83.88% (10 siswa) mencapai KKM.


 


Kata kunci: peningkatan, hasil belajar, pendekatan, CTL


 


ABSTRACT


This study aimed to describe the implementation of using CTL (Cooperative Teaching Learning) approach and to find out how the learning outcomes of thematic learning on human and environmental subthemes by using CTL approach. This research was conducted at SD Negeri 0311 Hutabaru Sosopan. The subjects of this study were the fifth grade students consist of 12 students. This study used the type of CAR.  The data were analyzed by using quantitative and qualitative analysis where observation (knowing students' activities in learning) and tests instruments (knowing student learning outcomes). The results of the research of the first cycle showed an observation sheet showed 64.38 (fair category) and the results of the test showed the average of 74 (enough category) where 41.61% (8 students) achieved Minimum Completeness Criteria. Cycle II showed an observation sheet of 79.38 (good category) and the results of the test showed 78 (good category) where 83.88% (10 students) reached Minimum Completeness Criteria.


 


Keywords: improvement, learning outcome, approach, CTL


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sri Rahayu, Nico, Monica Theresia, dan Sartika Rati Asmara Nasution. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL PADA KELAS V SD NEGERI 0311 HUTABARU SOSOPAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 1 (Februari 15, 2022): 83–90. Diakses Juli 3, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/268.
Bagian
Artikel