PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SUB TEMA 1 KOMPONEN EKOSISTEM DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 100106 SIBANGKUA

Isi Artikel Utama

Mira Mulyani Pane
Tamin Ritonga
Sartika Rati Asmara Nasution

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar (kognitif, afektif, psikomotorik) pada materi ekosistem dengan menggunakan pendekatan CTL Peserta Didik kelas V SD Negeri 100106 Sibangkua. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 23 orang.Berdasarkan hasil siklus I diketahui nilai skor observasi kegiatan pembelajaran sebesar 48.75 dengan kategori kurang. Sedangkan siklus II hasil observasi dari kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan CTL diketahui skor sebesar 77.5 dimana pencapaian ini menunjukkan kategori baik. Hasil tes siklus I diketahui terdapat 10 peserta didik  yang tuntas atau sekitar 43.48%. Diperoleh nilai rata-rata afektif peserta didik sebesar 67,5 dengan kategori cukup. Nilai rata-rata psikomotorik peserta didik pada siklus I sebesar 61.09 dengan kategori kurang. Sedangkan hasil tes siklus II ini sebanyak19 peserta didik tuntas dari nilai KKM yang ditetapkan atau 82.61%. Hasil nilai rata-rata afektif siklus II sebesar 85 dengan kategori baik. Nilai rata-rata psikomotorik siklus II peserta didik sebesar80.43yakni berada pada kategori baik.


 


Kata kunci: Peningkatan, Hasil, Belajar, Pendekatan,CTL


Abstract


This study aims to find out how to improve learning outcomes (cognitive, affective, psychomotor) in ecosystem materials using the CTL approach for fifth grade students at SD Negeri 100106 Sibangkua. In this study, the type of CAR research was used. Data collection techniques used observation, and tests. The subjects in this study were all students of class V, totaling 23 people. While the second cycle of observations from learning activities using the CTL approach is known a score of 77.5 where this achievement shows a good category. The results of the first cycle test are known to have 10 students who have completed or about 43.48%. The average affective value of students is 67.5 with a sufficient category. The average psychomotor value of students in the first cycle was 61.09 with less category. While the results of the second cycle test were 19 students who completed the specified KKM score or 82.61%. The results of the average affective value of the second cycle of 85 with a good category. The average psychomotor value of the second cycle of students is 80.43, which is in the good category.


 


Keywords: Improvement, Outcome, Learning, Approach, CTL

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pane, Mira Mulyani, Tamin Ritonga, dan Sartika Rati Asmara Nasution. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SUB TEMA 1 KOMPONEN EKOSISTEM DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 100106 SIBANGKUA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 194–201. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/141.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>