PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS BUDAYA MELAYU PADA MATERI GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Yulia Rosi
Jesi Alexander Alim
Zariul Antosa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi berbasis budaya melayu pada materi geometri di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development / R&D) dengan model Plomp yang terdiri dari 3 fase yaitu Pleminary Research Phase, Developing or Prototyping Phase, Assessment Phase. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Peneliti melakukan uji validitas terhadap tiga validator terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Peneliti juga melakukan uji praktikalitas terhadap 2 guru dan 9 siswa yang terdiri 3 orang pada one to one evaluation dan 6 orang pada small group evaluation. Hasil penelitian menunjukkan produk yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan persentase rata-rata ahli media memperoleh skor 98,68% , ahli materi memperoleh skor 88% dan ahli bahasa memperoleh skor 98,21% serta dinyatakan sangat praktis dengan persentase rata-rata guru memperoleh skor 96,42% dan peserta didik memperoleh skor 89,72%. Dapat disimpulkan video animasi berbasis budaya melayu pada materi geometri di sekolah dasar dinyatakan sangat valid dan praktis serta layak digunakan dalam pembelajaran.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rosi, Yulia, Jesi Alexander Alim, dan Zariul Antosa. “PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS BUDAYA MELAYU PADA MATERI GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1104–1117. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2700.
Bagian
Artikel

Referensi

Alim, J. A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Realistik Geometri Berbantuan Multimedia Interaktif di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Alim, J. A., Fauzan, A., Arwana, I. M., & Musdi, E. (2020). Model Of Geometry Realistic Learning Development With Interactive Multimedia Assistance In Elementary School. Journal Of Physics: Conference Series. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1471/1/012053

Alim, J. A., Fauzan, A., Arwana, I. M., & Musdi, E. (2019). Interactive Multimedia in Learning 2-Dimensional Gemoetric Shapes in Elementary School. Prosiding CELSciTech, 4, 51-53.

Alim, J. A., Hermita, N., Sari, I. K., Alpusari, M., Sulastio, A., Mulyani, E. A., ... & Arnawa, I. M. (2020, October). Development of learning flow for KPK based on interactive multimedia assisted RME based on students PGSD UNRI. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1655, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.

Jalinus, J., & Alim, J. A. (2019, November). Quality review of computer based interactive mathematics learning media on geometry topics in flat fields for elementary students. In Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences (pp. 397-407).

Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang Untuk SD Kelas V Delila Khoiriyah Mashuri Abstrak. Delila Khoiriyah Mashuri.

Oktaviani, C., Alim, J. A., Antosa, Z., & Hermita, N. (2022). Pengembangan Audible Books Berbasis Etnomatematika sebagai Media Literasi untuk Siswa di Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2464.

Pratama, T. A., Alim, J. A., & Hermita, N. (2022). Pengembangan Video Animasi Geometri Kelas II di Sekolah Dasar. el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 5(2), 205-220.

Pratiwi, H., & Alim, J. A. (2022). Development Of Interactive Multimedia Based On Adobe Flash Geometry Introduction Material In Grade I Elementary School. Education Technology Journal, 1(1), 33-47.

Wulandari, I., Alim, J. A., & Putra, M. J. A. (2022). Pengembangan Video Animasi Materi Pengukuran Panjang dan Berat untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7078-7092.