PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD NEGERI 65 PEKANBARU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Negeri 65 Pekanbaru. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai kriteria minimal 70 sesuai dengan Kurikulum Merdeka, serta penggunaan metode ceramah yang membuat siswa kurang terlibat aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen, melibatkan 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata pretest (52,96) dan posttest (72,5) di kelas eksperimen. Uji t menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa model Reciprocal Teaching berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Anni, R. dan. (2016). Psikologi Pendidikan. Universitas Semarang Press.
Aulia, F., Jl, A., Sujadi, M., & Kedungwaru, K. (2024). Analisis Sikap Belajar Siswa dalam Memahami Mata Pelajaran IPS Kelas VII di MTs Al Huda Bandung Hal tersebut membuat pemahaman siswa akan materi IPS Terpadu menjadi minim dan sikap belajar siswa menjadi lebih positif . Dari permasalahan yang telah dipapar. 2, 215–224.
Azis, T. (2019). STRATEGI PEMBELAJARAN ERA DIGITAL. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.
Darwis, A. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Agama Islam. Suska Press. Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan Di Taman Kanak-kanak. Dirjen Dikdasmen.
Darwis. (2017). Kesehatan Masyarakat dalam Perspektif Sosioantropologi. Sah Media.
Dewi, A. N., Ashadi., & Sri, M. (2019). Pembelajaran Kimia menggunakan Metode Reciprocal Teaching (RT) dan Problem Posing (PP) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Verbal. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA. 8(1). 1-11.
Edy, S. (2020). Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.
Elde Mølstad, C., & Karseth, B. (2016). National curricula in Norway and Finland: The role of learning outcomes. European Educational Research Journal, 15(3), 329–344. https://doi.org/10.1177/1474904116639311
Hasan, E. (2010). Komunikasi Pemerintahan. PT RefikaAditama.
Hidayati, dkk. (2008). Pengembangan Pendidikan IPS SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Istarani & Ridwan Muhammad. (2014). Tipe Pembelajaran Kooperatif. Media Persada.
Khusnia, Diah & Nuraida, Dede. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (Pengajaran Terbalik) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan. Dalam Proceeding Biology Education Conference, Vol. 14 No.
Kotrlik, J. W., Williams, H. A., & Jabor, M. K. (2011). Reporting and Interpreting Effect Size in Quantitative Agricultural Education Research. Journal of Agricultural Education, 52(1), 132–142. https://doi.org/10.5032/jae.2011.01132
Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. (2014). Academic Achievement Prediction : Role of Interest in Learning and Attitude towards School. 1(11), 73–100.
Kusuma, R. A., Tuti, K., & Rizmahardian, A. K. (2018). Pengaruh Pendekatan Modification Of Reciprocal Teaching Pada Materi Redoks Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Koperasi Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 1-10.
Mu’rifah, dan H. W. (2007). Pendidikan Kesehatan. Depdikbud RI.
Mudrikah, S., Ahyar, D. B., Lisdayanti, S., Parera, M. M. A. E., Ndorang, T. A., Wardani, K. D. K. A., Siahaan, M. N., Hanifah, D. P., & Amalia, R. (2022). Inovasi Pembelajaran di Abad 21. Pradina Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=TgZ2EAAAQBAJ
Nailin Fauzia Qonita & T Heru Nurgiansah. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Universitas PGRI Yogyakarta, vol.1 no.1.
Nata, A. (2011). Akhlak tasawuf.
Nurhalimah, S., Klaudia Selfa, S., Amanda, U., & Ilmi, D. (2024). Penguatan Pendidikan Peserta Didik Melalui Keterampilan 4C dengan Mengimplementasikan Pembelajaran Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 239–249. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i1.799
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Qomariah, Winda Fajar. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema Cita-Citaku Di Kelas Ivc Sd Babussalam Pekanbaru.
Raden Rizky Amaliah, Abdul Fadhil, S. N. (2013). Jurnal Studi Al- Qur’an Membangun Tradisi Berfikir Qur’an Vol.9 , No.1 , Tahun. 2013. Studi Al- Qur’an Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, 9(1), 12–26.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. PT Remaja Rosdakarya.
Sari, I. N. (2019). Pengaruh penerapan brain gym terhadap motivasi, konsentrasi dan hasil belajar matematika kelas di Mts.Nurul Islam. 8–40. http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3317
Sibthi Annasyia, Desy Safitri, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS.
Silvester, T. P. (2010). Kajian IPS SD. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Kementrian Pendidikan Nasional.
Simbolon, Marlina Eliyanti. (2019). Tuturan Dalam Pembelajaran Berbicara Dengan Metode Reciprocal Teaching. Media Sahabat Cendekia.
Siska, Y. (2023). Pengembangan Pembelajaran IPS di SD. Garudhawaca. Sudjana. (n.d.). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2016a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet. Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. PT Alfabet.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Alfabeta.
Sukardi, A. D., Herawati, S., & Siti, Z. (2015). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Peta Pikiran (Mind Map) terhadap Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains. 3(2). 81-89.
Supardi, S. (2015). Sekolah efektif: Konsep dasar dan praktiknya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sururuddin, M., Husni, M., Jauhari, S., & Aziz, A. (n.d.). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5 . 0. 7(1), 143–148.
Susanto, Ahmad. (2017). Teori Belajar & Pembelajaran. Prenada Media Grup.
Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Syaodih, S. . N. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Tambunan, M., Putra, Z. H., & Mahardi, H. (n.d.). THE IMPLEMENTATION OF INQUIRY LEARNING MODEL TO INCREASE SCIENCE LEARNING RESULT OF GRADE IV SD NEGERI 004 TELUK PULAU HILIR SISWA KELAS IV SD NEGERI 004 TELUK PULAU HILIR. 1–9.
Tatag Bagus Argikas, N. K. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Depok. Jurnal Mercumatika. Vol. 1 No.
Thobroni, M. (2016). Belajar dan pembelajaran: teori dan praktik.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi Pustaka.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana. Tukiran Taniredja dan Hidayati Mustafidah. (2014). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). alfabeta.
UU No. 20. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.
Warif, M. (2019). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar. Tarbawi, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1). https://media.neliti.com/media/publications/288595-strategi-guru-kelas-dalam-menghadapi-pes-ff493112.pdf
Widoyoko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar. Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. 1, 263–278