PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Firdaus Ardiansyah
Muhammad Fendrik
Zariul Antosa

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa permainan monopoli berbasis etnomatematika pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media monopoli berbasis etnomatematika yang valid digunakan sebagai media pembelajaran Matematika untuk siswa sekolah dasar kelas V pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) dengan mengguanak model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, impelementasi, evaluasi). Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil validasi kelayakan produk dari validator ahli media dan ahli materi yang menyatakan bahwa produk media permainan monopoli berbasis etnomatematika sebagai media pembelajaran Matematika untuk siswa sekolah dasar yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan dengan perolehan persentase rata-rata validator ahli media sebesar 83,33% dan validator materi sebesar 89,06% dengan kategori sangat  layak. Untuk uji respon guru memperoleh persentase rata-rata sebesar 94,44% dengan kategori sangat praktis.Untuk uji coba One to One dilakukan kepada 3 orang siswa yang dipilih secara acak yang memperoleh rata-rata persentase skor sebesar 97,08% dengan kategori saangat praktis. Untuk uji coba kelompok kecil dilakukan dengan memberikan angker respon siswa kepada 9 orang siswa kelas V A yang mendapatkan rata-rata persentase skor sebesar 89,58% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan pada uji coba kelompok besar dilakukan kepada seluruh siswa kelas V A dan mendapatkan rata-rata persentase skor sebesar 88,78% dengan kategori sangat praktis.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ardiansyah, Firdaus, Muhammad Fendrik, dan Zariul Antosa. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4338–4352. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3444.
Bagian
Artikel

Referensi

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalm Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1-13

Fatimah, D., Murtono,. & Su’ad. (2020). Pengembangan Media Katela untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pengembangan dan Pendidikan, 4 (3).

Harfi, Y. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Operasi Hitung di Kelas II SD Negeri 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4 (1)

Hidayati (2017). Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika.

Husna. (2017). 100+ Permainan Tradisional Indonesia: Untuk Kreativitas, Ketangkasan, Dan Keakraban. Jakarta: Andi Publisher.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembalajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar.

Mufliha, S. E., dkk. (2019). Penanaman Karakter Jujur Melalui Media Ular Tangga Karakter pada Anak Usia Pendidikan Dasar. In Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan di Era Digital”ISBN 2654-18670.

Musser, G. L., Burger, W. F., & Peterson, B. E, (2010). Mathematics for Elementary Teachers.

Novak, D., & Renzo, A.D. (2013). Twelve Mathematical Concepts: a study guide for the Ithaca college math placement exam. New York: Ithaca College.

Permana, B. (2017). Etnomatematika sebagai Paradigma Pengembangan Model Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1).

Rahmadhani, D. (2022). Analisis Buku Ajar Matematika Berdasarkan Teori Belajar Bruner Di Kelas V Sd Negeri 101954 Pantai Cermin Kanan. Trapsila : Jurnal Pendidikan Dasar.

Sadiman. (2013). Media Pendidikan: Pengertian dan Pengembangan.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Suryadi, D. (2013). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 14(2).

Sutarti, T., & Irawan (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish.

Tulung, J., & Christianty, O. (2022). Penggunaan Media Bervariasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(6), 179–183.

Wulandari, D. (2018). Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.