PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI ANDROID ALIF TO YA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK AUTIS KELAS 2 SDKH DI SKH NEGERI 03 LEBAK

Isi Artikel Utama

Selvia Aprianti
Sistriadini Alamsyah Sidik
Reza Febri Abadi

Abstrak

Sistem pendidikan nasional, bahwa semua jenjang pendidikan termasuk pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) harus memasukkan Pendidikan Agama Islam (PAI). Maka dari itu, Pendidikan agama islam yang diberikan perlu diperhatikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android Alif To Ya untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada siswa autis. Subjek pada penelitian ini yaitu satu siswa autis kelas 2 yang memiliki kemampuan mengenal huruf hijaiyah yang masih kurang terasah secara optimal. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain sekuensial ekplorasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Ada tiga fase yang digunakan pada penelitian ini. Fase pertama, ekplorasi dan analisis data kualitatif terkait kondisi objektif kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan penggunaan media yang digunakan oleh guru kelas 2. Fase kedua merancang media pembelajaran berbasis aplikasi android, validasi media pembelajaran dilakukan pada 2 orang expert judgment. Fase ketiga, menguji efektivitas media pembelajaran yang telah dikembangkan dengan menggunakan single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian ini yaitu kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada siswa autis kelas 2 masih belum terasah secara optimal. Media yang digunakan guru yaitu menggunakan media konvensional dengan menggunakan pias gambar. Dari keseluruhan data hasil validasi dan uji efektivitas media aplikasi android Alif To Ya layak digunakan. Hal tersebut tergambarkan dari adanya peningkatan mean level A1, B, dan A2 dari subjek  yaitu 33%-87,75%-66%. Data overlap pada subjek menunjukkan 0% yang bermakna bahwa intervensi (aplikasi Alif To Ya) memiliki pengaruh baik terhadap terget behavior (kemampuan mengenal huruf hijaiyah).

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Aprianti, Selvia, Sistriadini Alamsyah Sidik, dan Reza Febri Abadi. “PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI ANDROID ALIF TO YA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK AUTIS KELAS 2 SDKH DI SKH NEGERI 03 LEBAK”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1502–1508. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2686.
Bagian
Artikel

Referensi

Apriliani, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Siswa Tunarungu Kelas V SLB B Dharma Asih Depok. Universitas Pendidikan Indonesia.

Alifia Putri, A., & Aryani, R. (2022). Upaya Meningkatkan Mengenal Huruf Hijaiyah melalui Game Edukasi Berbasis Android pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15978–15986.

Hadapiningradja, R. K., & Wahono, B. B. (2022). Penerapan Metode Waterfall pada Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Android pada Paud Nabata. INFOMATEK: Jurnal Informatika, Manajemen Dan Teknologi, 24(1), 1–8.

Pane, I., Hadju, V. A., Maghfuroh, L., Akbar, H., Simamora, R. S., Lestari, Z. W., Galih, A. P., Wijayanto, P. W., Waluyo, U., & Aulia, U. (2021). Desain Penelitian Mixed Method. Yayasan Penerbit Muhammad Zani.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syaputri, E., & Afriza, R. (2022). Peran Orang Tua dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 559–564.

Vindiyani, M., Sundari, T., Agustina, R., Nuryanti, S., & Sidik, S. A. (2021). Penggunaan Media Puzzle Bangka Rupiah untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah dan Operasi Pembagian Bilangan pada Anak Tunanetra di SKH Samantha. Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa, 4(1).