PENERAPAN TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA CEREBRAL PALSY DI SKH NEGERI 01 PANDEGLANG

Isi Artikel Utama

Ayu Indri Apriliani
Sistriadini Alamsyah Sidik
Sayidatul Maslahah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik latihan graphomotor dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada siswa cerebral palsy kelas VII di SKh Negeri 01 Pandeglang. Permasalahan yang melatarbelakangi adalah kesulitan siswa dalam menyalin huruf abjad secara optimal akibat kurangnya variasi teknik pembelajaran menulis yang diberikan oleh guru. Teknik graphomotor diterapkan sebagai solusi karena dikenal sebagai teknik latihan keterampilan yang berfungsi untuk mengatasi kesulitan dalam menulis. Metode penelitian menggunakan eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain reversal A-B-A. Target behavior (variabel dependen) dalam penelitian ini yaitu kemampuan menulis permulaan, sedangkan variabel bebas (variabel independen) yaitu teknik latihan graphomotor. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis siswa dengan nilai rata-rata 20% pada fase baseline 1 (A1), meningkat menjadi 87% pada fase intervensi (B), dan tetap tinggi pada fase baseline 2 (A2) sebesar 60%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik latihan graphomotor berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada siswa cerebral palsy di SKh Negeri 01 Pandeglang.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Apriliani, Ayu Indri, Sistriadini Alamsyah Sidik, dan Sayidatul Maslahah. “PENERAPAN TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA CEREBRAL PALSY DI SKH NEGERI 01 PANDEGLANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3895–3904. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3427.
Bagian
Artikel

Referensi

Arief, F. I. (2013). Penerapan latihan graphomotor dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak cerebral palsy di SLB-D YPAC Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). https://repository.upi.edu/1707/

Dewi, K. Y. F. (2022). Mengelola siswa dengan kesulitan belajar menulis (disgrafia). Daiwi Widya, 8(5), 30-41. https://doi.org/10.37637/dw.v8i5.909

Hallahan, D. P., Kauffman, J. M., & Pullen, P. C. (2022). Exceptional learners: An introduction to special education (15th ed.). Pearson Education.

Hutabarat, J., & Septiari, R. (2020). Perancangan Alat Terapi yang Ergonomis bagi Anak Penderita Cerebral Palsy. Industri Inovatif: Jurnal Teknik Industri, 10(2), 60-64. https://doi.org/10.36040/industri.v10i2.2796

Rahmi, A., & Damri, D. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana melalui Media Buku Halus Kasar Bagi Anak Disgrafia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5305-5312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1644

Rambe, R. N., & Widiyarti, G. (2023). Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Tinggi. 1-142

Sidik, S. A., Abadi, R. F., Mastiani, E., & Syahfitri, A. D. (2018). Penyusunan Asessmen dan Hasil Uji Coba Asesmen Motorik Halus untuk Kesiapan Menulis Permulaan dan Pre-Requisitnya. Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa, 3(2). https://doi.org/10.30870/unik.v3i2.5316

Siregar, I. A. (2021). Analisis dan interpretasi data kuantitatif. ALACRITY: Journal of Education, 39-48. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.25

Siroj, R. A., Afgani, W., Fatimah, F., Septaria, D., & Salsabila, G. Z. (2024). Metode penelitian kuantitatif: Pendekatan ilmiah untuk analisis data. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3),11279–11289. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/32467

Subardi, D. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Teknik Latihan Graphomotor Pada Anak Cerebral Palsy Di Slb Daya Ananda. Widia Ortodidaktika, 5(6), 592-599. https://core.ac.uk/download/78033196.pdf

Sulkasrini, N. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Teknik Latihan Graphomotor Pada Murid Cerebral Palsy Kelas III Sekolah Dasar Di SLB YPAC Makassar. 1-10. https://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26447/

Syafnita, T., Muhamad, A., Mukhlisin, M., Wenselinus Nong, K., Hermania, B., Afrida Sriyani, H., & Vinsensius Bawa, T. (2023). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. 75-76. https://repository-penerbitlitnus.co.id/id/eprint/131/

Syahrum, S. T. (2022). Pengantar Metodologi Penelitian Hukum: Kajian Penelitian Normatif, Empiris, Penulisan Proposal, Laporan Skripsi dan Tesis. CV. Dotplus Publisher.

Veryawan, H. S. A. (2022). Studi Kasus : Penanganan Anak Tunadaksa (Cerebral Palsy). PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 17–30. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.763

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis kemampuan motorik halus dan kreativitas pada anak usia dini melalui kegiatan kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 351-358. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/347/pdf

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama