STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN BILANGAN DI KELAS 2 SDN BANGETAYU WETAN 01

Isi Artikel Utama

Siti Maesaroh
Yunita Sari
Nuhyal Ulia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan literasi numerasi dalam pembelajaran bilangan di kelas 2 SDN Bangetayu Wetan 01. Metode penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas), subjek penelitian ini adalah kelas 2 SDN Bangetayu Wetan yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yaitu soal essay tes. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Diperoleh hasil pada siklus I. Dari 30 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 21 orang siswa (70%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 9 orang siswa (30%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 66,18. Pada siklus II, dari kemampuan literasi numerasi siklus II yang didapat kemudian kembali reduksi dan matematika bentuk tabel dengan menggunakan rumus yang sama seperti siklus I. Ternyata dari 30 siswa, terdapat 28 orang siswa (93,33%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 2 orang siswa (6,67%) belum memiliki ketuntasan belajar.  Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 82,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan literasi numerasi dalam pembelajaran bilangan di kelas 2 SDN Bangetayu Wetan 01.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maesaroh, Siti, Yunita Sari, dan Nuhyal Ulia. “STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN BILANGAN DI KELAS 2 SDN BANGETAYU WETAN 01”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2365–2379. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2966.
Bagian
Artikel

Referensi

Azis, F., Kaharuddin, K., Arifin, J., Yumriani, Y., Nawir, M., Nursalam, N., … Karlina, Y. (2022). Pendampingan Penguatan Model Pembelajaran Paradigma Baru Bagi Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Di Kecamatan Bontonompo Selatan. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(4), 515–523. https://doi.org/10.53769/jai.v2i4.337

Ballaho, S. A. (2024). Improving Learners Numeracy Skills Through Explicit Teaching. Instabright International Journal of Multidisciplinary Research, 5(1), 47–49. https://doi.org/10.52877/instabright.05.01.0193

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta didik Kelas Ix Smpit Khairunnas. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 6(2), 70–74. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p70-74

Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman dan Keunikan Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-7

Garcia Padilla, V. R., & Cardoso Sánchez, S. G. (2011). Estrategía Lúdica Taller de Matemáticas “Redescubriendo el Número” (TA).

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Indrawatiningsih, N., Qomariyah, S., Nubita, A. R., & Muarofah, L. (2024). Effectiveness of Differentiated Learning in Improving Literacy and Numeracy of Primary School Students. Asian Journal of Education and Social Studies. https://doi.org/10.9734/ajess/2024/v50i51337

Kemendikbud. 2022. Merdeka belajar.Tanya jawab kurikulum merdeka. Jakarta: kemendikbud RI.

Lestari, M., Yusrie, C. S., & Srihartini, Y. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(3). https://doi.org/10.47467/jdi.v6i3.5311

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD. Publishing.

Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran yang Mendukung Kesetaraan dan Kearifan Budaya. Jurnal Bahasa Sastra dan Budaya, 8(2008), 11–22. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14072

PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9. Diambil dari https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, (November), 2020–2023. Diambil dari http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283

Tomlinson, C. A. (2017). How to differentiate instruction in academically diverse classrooms (third edit). ASCD.

Tomlinson, C.A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed Ability. Classrooms. ASCD: USA