PENERAPAN GERAKAN LITERASI MEMBACA PADA SISWA SDN BANGETAYU WETAN 01

Isi Artikel Utama

Siti Nurul Fitriyani
Yunita Sari
Yulina Ismiyati

Abstrak

Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) implementasi gerakan literasi membaca di SDN Bangetayu Wetan 01. 2) faktor penghambat dan pendukung yang dilakukan di SDN Bangetayu Wetan 01. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk melengkapi data penelitian dibutuhkan dua sumber data, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Informan penelitian ini adalah guru kelas di SDN Bangetayu Wetan 01. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data Miles & Huberman dimana mengungkapkan tiga tahapan yang harus dikerjaian yaitu reduksi data, paparan dan penarikan kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa dalam penerapannya terdiri atas tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai; (2) tahap pengembangan, memfasilitasi siswa terkait dengan buku bacaan yang digemarinya di perpustakaan dan pojok baca kelas. Faktor yang mendukung adanya dukungan dari pihak mahahsiswa kampus mengajar, guru-guru kelas lainnya dan peran akti siswa juga mempengaruhi adanya pelaksanaan program literasi. Faktor yang menjadi hambatan kurangnya dukungan orang tua dan penggunaan sarana yang belum optimal.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fitriyani, Siti Nurul, Yunita Sari, dan Yulina Ismiyati. “PENERAPAN GERAKAN LITERASI MEMBACA PADA SISWA SDN BANGETAYU WETAN 01”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2386–2391. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2989.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. (2011). Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Anditasari, Rizqi Dian, Sutrisno Sutrisno, Khoirunnisa Nabila, and Andella Aristyowati. (2023). “Actualization of Civic Literacy in the Learning of Citizenship in High School.” International Journal of Educational Qualitative Quantitative Research (IJE-QQR) 2 (1): 7–11

Arby, A. R., Hadi, H., & Agustini, F. (2022). Keefektifan Budaya Literasi terhadap Motivasi Belajar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19388.

Faradina, Nindya. (2017).Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69

Hidayat, Muhammad Hilal, and Imam Agus Basuki. "Gerakan literasi sekolah di sekolah dasar." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3.6 (2018): 810-817.

Kemendikbud (2018). Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.

Lestari, T., & Astuti, R. (2023). Impact of the School Literacy Movement on Reading Skills of Grade I Students. Indonesian Journal of Education Methods Development. https://doi.org/10.21070/ijemd.v21i3.762

Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 105–112. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124.

Megantara, K., & Wachid, A. (2021). Pembiasaan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 383-390.

Moleong, L.J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosdakarya.

Novitasari, N. K., Suarni, N. K., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E Bermuatan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10918

Pradana, B. H., Fatimah, N., & Rochana, T. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa di SMA Negeri 4 Magelang. Journal of Education, Society, and Culture, 6(2).

Trianasari, D. (2017). Pembelajaran Literasi di SDN Rejosari 1 Kecamatan Kawadenan Kabupaten Magetan. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(2), 175-178.

Widiastuti, A. P. Y., Suniasih, N. W., & Kristiantari, M. R. (2014). Pengaruh Model Auditory Intellectualy Repetition Berbantuan Tape Recorder Terhadap Keterampilan Berbicara. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2223

Wijayanti, K., Kristiantari, M. R., Manuaba, I. B. S., & Fo, M. (2021). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan media poster dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa indonesia tema cita-citaku. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1).https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7154.

Yulianti, B. D., & Sukasih, S. (2023). School Literacy Movement Program and Its Impact on Students Reading Interest and Reading Comprehension Skills. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. https://doi.org/10.23887/jpp.v56i3.68122

Yustika, G. P., & Iswati, S. (2020). Digital Literacy in Formal Online Education: A Short Review. Dinamika Pendidikan, 15(1), 66–76. https://doi.org/10.15294/dp.v15i1.23779.