STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PADA SISWA KELAS RENDAH DI SDN BANGETAYU WETAN 01 SEMARANG

Isi Artikel Utama

Siti Nurfika Fijanah
Yunita Sari
Yulina Ismiyati

Abstrak

Menganalisis strategi guru dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca pada siswa kelas rendah di SDN Bangetayu Wetan 01 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian studi literatur (litarure study). Studi literatur pada penelitian ini adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data Pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelola data penelitian secara objektif, sistematis, analitis, dan kristis tentang strategi yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan literasi pada siswa kelas rendah di SD.  Guru memiliki peran strategis dalam meningkatkan literasi   membaca   siswa   sekolah   dasar.   Sebagai   fasilitator,   guru   merancang   dan menerapkan    strategi    pembelajaran    yang    inovatif,    seperti    membaca    bersama, mendongeng,  dan  penggunaan  media  interaktif.  Sebagai  motivator,  guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan penghargaan, dan mendukung siswa secara  individu  untuk  membangun  minat  dan  kepercayaan  diri  dalam  membaca.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fijanah, Siti Nurfika, Yunita Sari, dan Yulina Ismiyati. “STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PADA SISWA KELAS RENDAH DI SDN BANGETAYU WETAN 01 SEMARANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2380–2385. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2985.
Bagian
Artikel

Referensi

Andayani, R., & Haris, A. (2021). Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 145-160.

Fauziah, S., & Putri, M. A. (2022). Efektivitas metode pembelajaran kooperatif dalam pengembangan literasi siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(1), 75-90.

Guthrie, J. T., & Wigfield, A. (2000). Engagement and Motivation in Reading.In M. L. Kamil, P. B. Mosenthal, P. D. Pearson, & R. Barr (Eds.), Handbook of Reading Research, Volume 3(pp. 403-422). Lawrence Erlbaum Associates

Handayani, W. (2022). Inovasi pembelajaran literasi berbasis proyek di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(4), 233-245

Irawan, D., & Ningsih, E. (2023). Implementasi buku cerita sebagai media pembelajaran literasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(2), 123-138.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2 (2)

Susanta, A., Rahimah, D., Koto, I., Susanto, E., Muchlis, E. E., & Azizah, M. (2023). Enhancing Elementary Literacy Skills through a Contextualized Coastal Course Book: A Developmental Study in Bengkulu, Indonesia. Profesi Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23917/ppd.v10i3.3169

Tamala, D. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Literasi Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 5(1), 184–189. https://doi.org/10.52690/jitim.v5i1.931

Triatna, D., & Putro, K. Z. (2024). Strategi Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Menstimulasi Kemampuan Membaca Anak Usia Dini.Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,4(2), 124-139.https://doi.org/10.33367/piaud.v4i2.5283

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes.Harvard University Press.

Witasari, R., & Rahma, T. A. (2022). Strategi Guru Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak melalui Media Flash Card.Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development,2(02), 87-98.