DESKRIPTIF HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS IV DI MI DATOK SULAIMAN PUTRA PALOPO

Isi Artikel Utama

St Fadilah
Muhammad Guntur
Ervi Rahmadani S

Abstrak

Model Contextual Teaching and Learning salah satu model pembelajaran yang dapat membantu guru mengggunakan bahan ajar. Masalah dengan penelitian ini bukan hanya tentang variasi dalam model pembelajaran yang digunakan oleh guru, sehingga antusiasme dan motivasi siswa sangat kurang dalam berpartisispasi dalam pembelajaran, ini tentu mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatakan hasil pembelajaran siswa salah satu siswa kelas IV MI Datok Sulaiman Putra Palopo melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning khusunya pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang. Subjek dari penelitian ini ialah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Data penelitian diperoleh melalui instrumen penelitian dalam bentuk lembar observasi siswa beserta tes. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahu bahwa aktivitas siswa memperoleh nilai persentase 79% dengan kategori Aktif. Sedangkan hasil belajar matematika pada model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada pertemuan 1 ada 18 siswa yang belum tuntas 10 siswa yang tuntas denagn nilai 35, sedangkan pertemuan 2 26 siswa yang tuntas dan dengan nilai 92 dan 2 orang siswa yang belum tuntas. Dengan nilai KKM 70 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa deskripif hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Leraning (CTL) dalam mata pelajaran matematika materi bangun ruang dapat mencapai nilai ketuntasan (KKM).

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fadilah, St, Muhammad Guntur, dan Ervi Rahmadani S. “DESKRIPTIF HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS IV DI MI DATOK SULAIMAN PUTRA PALOPO”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3880–3888. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3147.
Bagian
Artikel

Referensi

Haditomo, S. R. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Renika Cipta.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2015). Al-Qur’an dan terjemahnya. Jakarta: Dharma Art.

Mulyasa, E. (2006). Praktik penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Padallingan, Y., Mufidah, A., & Munawir, A. (2017). Pengimplementasian model pembelajaran PDOEDE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 4(50), 527.

Rusman. (2013). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru (Cet. 6). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sanusi, S. (2009). Profesionalisme guru dalam pembelajaran (Cet. 1). Makassar: Yapma.

Shihab, M. Q. (2005). Tafsir al-Misbah: Pesan, kesan dan keserasian al-Qur’an (Vol. 14). Jakarta: Lentera Hati.

Syah, M. (2014). Psikologi pendidikan dengan pendidikan baru (Cet. 5). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Sisdiknas Sistem Pendidikan Nasional. (2010). Bandung: Fokus Media.