PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP MINAT MEMBACA PUISI SISWA KELAS IV FASE B SDN 96 CAMPUREJO

Isi Artikel Utama

Nurul Alda
Sukirman
Muhammad Guntur

Abstrak

 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, desain , kevalidan, praktikalitas , dan efektivitas media pembelajaran berbasi video animasi terhadap minat membaca puisi siswa kelas IV Fase B SDN 96 Campurejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu tahap analisis , tahap desain , tahap pengembangan , tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 96 Campurejo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Fase B SDN 96 Campurejo. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar validasi produk (media, materi dan bahasa), angket praktikalitas siswa dan guru, angket minat membaca puisi siswa sebelum dan sesudah menggunakan video (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Adapun hasil penelitian analisis kebutuhan, peneliti memperoleh data yang menujukkan (1) sebanyak 100% siswa yang menyatakan bahwa dengan adanya media memudahkan dalam proses pembelajaran, (2) sebanyak 63% siswa menyatakan bahwa media yang digunakan guru sesuai dengan yang diharapkan sementara 37% menyatakan tidak, (3) sebanyak 100% siswa menyatakan bahwa menyukai media bergambar, berwarna, bergerak, dan bersuara (4) sebanyak 100% siswa menyatakan bahwa menyukai media berupa video animasi pada materi membaca puisi, (5) 55% siswa menyatakan bahwa kurang minat membaca puisi, (6) 100% siswa menyatakan bahwa guru belum menggunakan media bergambar, bergerak, dan bersuara seperti video animasi pada materi membaca puisi, (7) 100% siswa menyatakan bahwa guru hanya menggunakan buku dalam proses pembelajaran.. Hasil validasi media memperoleh nilai 71,5% kategori valid, validasi  materi memperoleh nilai 81,25% kategori sangat valid, dan validasi bahasa memperoleh nilai 89,25% kategori sangat valid. Hasil kepraktisan siswa memperoleh nilai sebesar 94,95% dengan kategori sangat praktis dan kepraktisan guru memperoleh nilai 92% dengan kategori sangat praktis. Hasil efektivitas terhadap minat membaca puisi siswa berada pada kategori efektif memperoleh nilai sebesar 88% .

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Alda, Nurul, Sukirman Sukirman, dan Muhammad Guntur. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP MINAT MEMBACA PUISI SISWA KELAS IV FASE B SDN 96 CAMPUREJO”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 10, 2025): 4759–4769. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3607.
Bagian
Artikel

Referensi

Afifah, N U R, "Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Pada Siswa Kelas Iii Sdn 12 Langkanae Kota Palopo" (Institut Agama Islam Negeri Palopo, 2022).

Ama, Roy Gustaf Tupen, Membangun Minat Baca Pada Siswa Sekolah Dasar, CV : Pena Persada, (2020):https://doi.org/https://doi.org/10.31237/osf.io/8xthn.

Dwi, Nur Indah Sari, "Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Tematik Tingkat SD/MI", (UIN Raden Intan Lampung, 2021): 44.

Elendiana, Magdalena, "Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar", Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2.1 (2020): 54–60.

Nuraisyah, "Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Multimedia Powtoon Pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas III SDN 277 Sambirejo", RepositoryIAIN Palopo,(2023): <http://repository.iainpalopo.ac.id.

Prasong, Fauzia, Faizan Kalang, and Nurlailah, "Pengembangan Media Video Animasi Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Membaca Dengan Tema Kegemaranku Pada Siswa Kelas 1 Mis Al-Fitrah Oesapa", Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3.1, (2022): 276–80, https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.665.

Prasong, Fauzia, Faizan Kalang, and Nurlailah, "Pengembangan Media Video Animasi Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Membaca Dengan Tema Kegemaranku Pada Siswa Kelas 1 Mis Al-Fitrah Oesapa", Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3.1, (2022): 276–80, https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.665.

Sari, Nurlia Indah, and Muhammad Guntur, "Penerapan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Di Kelas IV SDN 52 Pattedong Kabupaten Luwu Pendahuluan", Refleksi: Jurnal Pendidikan, 12.4, (2024): 223–40 https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/300.

Siti Malahayati, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Menulis Puisi’, JMRI Journal of Multidisciplinary Research and Innovation, 1.1 (2023), 14–28.

Widodo, Arif, Dyah Indraswati, and Agam Royana, "Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolsh Dasar", Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11.1, (2020): 1, https://doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3457.