PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MATERI MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN KELAS 1 FASE A SD NEGERI 169 UDU KABUPATEN LUWU UTARA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi materi membaca dan menulis permulaan kelas 1 Sekolah Dasar. Jenis Penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yaitu yang dimulai pada Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan tahap Evaluasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri 169 Udu di Dsa Tandung Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, wawancara dan angket sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik yaitu banyaknya siswa yang belum mampu membaca dan menulis 2) Berdasarkan hasil validasi dari tiga ahli yaitu ahli media, materi dan materi bahasa persentase nilai total dari tiga ahli diperoleh 81,25 untuk ahli media, 85,71% untuk ahli materi dan 89,28% untuk ahli bahasa. 3) Berdasarkan hasil uji praktikalitas dengan melibatkan 23 orang peserta didik sebagai responden untuk memberikan respon terhadap media video animasi membaca dan menulis yang dikembangkan oleh peneliti dengan nilai akhir yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan sebesar 92,85% dengan kategori sangat praktis dari pendidik wali kelas 1 dan peserta didik diperoleh dari hasil uji kepraktisan sebesar 83,91% dengan kategori sangat praktis.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh kurangnya literasi serta kemampuan dalam berpikir kritis yang masih rendah dalam pendidikan di Indonesia. Current research in education: conference series journal, 1(1), 1–12. https://www.academia.edu/download/93002306/32685_75730_1_PB.pdf
Aprianti, R. A. R., Rakhmat, C., & Indihadi, D. (2023). Pengaruh penggunaan video animasi terhadap minat belajar siswa pada tema organ gerakan hewan di kelas v sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 398–407.
Farhurohman, O. (2017). Implementasi pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34.
Hamzah, M. Z., & Khoiruman, M. A. (2021). Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar. Jurnal Syntax Transformation, 2(06), 843–848.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Tahta media group. https://eprints.unm.ac.id/20720
Huljannah Arianto, M., Sabani, F., Rahmadani, E., Sukmawaty, S., Guntur, M., & Irfandi, I. (2024). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 23–31. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.711
Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen pendidikan. RajaGrafika Persada. https://digilib.uinsgd.ac.id/15943/
St Y, S. (2008). Dasar-dasar keterampilan berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Pres.
Tarigan, H. G. (1987). Membaca: Sebagai suatu keterampilan berbahasa. (No Title). https://cir.nii.ac.jp/crid/1130000797308806912
Wulandari, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Di Kelas 1/A Sd Negeri 32 Banda Aceh [PhD Thesis, STKIP Bina Bangsa Getsempena]. https://repository.bbg.ac.id/handle/1000