PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM MATERI UNSUR INTRINSIK CERITA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN STAD DENGAN BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS 5 DI SDN MARTAJASAH

Isi Artikel Utama

Siti Roihana Putri
Andika Adinanda Siswoyo
Dina Amelia
Firawdatus Sarifa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa pada materi unsur intrinsik cerita, dengan dukungan media audiovisual, di kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut model Kemmis dan McTaggart, serta melibatkan 23 siswa kelas 5. Instrumen yang digunakan meliputi: 1) lembar observasi dan 2) lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menyimak siswa, dari sebelumnya hanya 17,39% yang tergolong sangat kurang, meningkat menjadi 73,91% dalam kategori sangat baik. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang didukung media audiovisual efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada materi unsur intrinsik cerita di SDN Martajasah Bangkalan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putri, Siti Roihana, Andika Adinanda Siswoyo, Dina Amelia, dan Firawdatus Sarifa. “PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM MATERI UNSUR INTRINSIK CERITA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN STAD DENGAN BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS 5 DI SDN MARTAJASAH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Juni 20, 2025): 1966–1976. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3184.
Bagian
Artikel

Referensi

Budiman, N. A., & Sriyanto, S. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Melalui Media Audio Visual Pada Kelas V SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 101. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.14174

Damayanti, & Susetyo Rukmi, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Siswa SDN Mojongapit III Jombang. Jpgsd, 2(3), 1–11.

Dina Aulia Yudistira Munthe, Trisna Pratiwi Hasibuan, Dinda Patliana Sukma, Syahrani Yumna Irfani, & Yuli Deliyanti. (2023). Analisis Kemampuan Menyimak Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405

Faridah, F., Armariena, D. N., & Noviati, N. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Unsur Intrinsik Pesan Moral Pada Cerita Pendek Kelas V SD Negeri 69 Palembang. … : Journal Of Social Science …, 3, 7447–7454.

Fazita, N., Apriandi, D., & Sri Mumpuni, E. (2023). Upaya Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Fpb Di Kelas Iv Sdn 178 Gegerkalong Kpad. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2831–2844. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8038

Luthfi Randa, N., & Shabrina Anshor, A. (2022). Pengaruh Media Animasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Dan Membaca Pada Kelas V SD Negeri 101933 Perbaungan. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 2(1), 87–97.

Nardawati, N. (2021). Perencanaan Pendidikan Yang Baik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Literasiologi, 6(2), 14–25. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i2.254

Pritasari, O. K., & Wilujeng, B. Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(1), 14–18. https://doi.org/10.26740/jvte.v2n1.p14-18

Rahmawati, A., Lubis, F., Gulo, F. T., Nadzifa, N. H., Yulina, R., Theresia, T., & Wijaya, Y. (2024). Analisis Kemampuan Menyimak Anak Kelas V SDN 064037, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 890–895. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2216

Rahmayani, S., Angraini, S., & Gusmaneli, G. (2024). Peningkatan Keterampilan Menyimak Peserta Didik dengan Menggunakan Model Discovery Learning pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 01–19.

Rukmi, A. S. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA SDN MOJONGAPIT III JOMBANG Damayanti PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya ( Janujln5@gmail.com). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.

Santika, W., Hermansah, B., & Selegi, S. F. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Unsur Intrinsik Cerita Dongeng Si Kancil Dan Buaya Kelas Iv Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.3762

Sunny, V., Siti Sundari, F., & Kurniasih, M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V E Di Sdn Polisi 1 Kota Bogor. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1070–1079. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.788

Tahir, R. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5, 4(4), 720–728.

Taufik, T., & Wardatul jannah, S. (2024). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Istima’. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 2(1), 31–39. https://doi.org/10.55352/edu.v2i1.934

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540