BUDAYA PEMBUATAN GARAM MELALUI METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan mendorong peserta didik belajar secara aktif melalui praktikum. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Burneh 3 yang berjumlah 32. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik analisis data pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui hasil wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode praktik dengan mengintegrasikan budaya pembuatan garam dapat meningkatkan kognitif peserta didik pada materi perubahan wujud zat. Dibuktikan pada hasil belajar peserta didik sebelum siklus nilai rata-rata 70,75 dengan persentase 43,75% tuntas dan 56,25% tidak tuntas meningkat pada siklus I sebesar 15,5% dengan persentase 59,25% tuntas dan 40,75% tidak tuntas, nilai rata-rata 72,96. Pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 25,93% dengan persentase 85,18% tuntas, 14,825 tidak tuntas dan nilai rata-rata 82,22.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Baitty, A. N., & Sukmawati, W. (2022). Pengaruh Praktikum Perubahan Wujud Materi Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 944. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.859
Basuki, F. R., Kurniawan, W., Jufrida, J., & Kurniawan, D. A. (2019). Pemetaan kompetensi dasar dan integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran IPA SMP di Kabupaten Muaro Jambi. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 301-322. (n.d.).
Budi, G. S., Theasy, Y., & Dinata, P. A. C. (2023). Penyuluhan Tentang Pembelajaran Berpusat Pada Anak Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Tangkiling Provinsi Kalimantan Tengah. Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 98-105.
Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289
Cahyaningsih, U. (2021, October). Pengaruh Penggunaan Metode Praktikum Terhadap Prestasi Belajar Ipa Siswa Kels Iv Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 271-275).
Dewi, M. P., & Firman, F. (2023). Studi tentang Efek Lembar Kerja Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 1(2), 44-48.
Mahmudatun Nisa, U. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran Practical methods to improve understanding and Learning Outcomes Grade V MI YPPI 1945 Babat on Single Substances and Materials Mix. 14(1).
Mulia, S., & Murni, S. (2022). Implikasi Pembelajaran Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Kemajuan Kognitif Siswa. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/jaser.
Martatiyana, D. R., & Madani, F. (2023). Penerapan asesmen autentik dalam praktikum ipa di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1741-1760.
Nurlaeliyah, N. (2023). Pendekatan Yang Berpusat Pada Siswa Dan Konstruktivis Untuk Meningkatkan Pengajaran Dan Pembelajaran Perspektif Psikologi Pendidikan. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 84-103.
Puspita Hadi, W., Permata Sari, F., Sugiarto, A., Mawaddah, W., Arifin, S., Raya Telang Kamal, J., & Timur, J. (2019). Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat pISSN. In Terindeks di SINTA (Vol. 10, Issue 1).
Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(1), 16. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.41424
Sadiyyah, I., & Samsudin, A. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Materi Perubahan Energi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sebelas April Elementary Education, 2(1), 42-52.
Yunaini, N., & Yuyun Winingsih, D. (2022). Implikasi Perkembangan Kognitif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cendekiawan, 4(2), 78–86. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.257
Zulmita B. (2024). Peningkatan Nilai Kognitif melalui Penggunaan Model Project Based Learning. In Jurnal Konsepsi (Vol. 14, Issue 1). https://p3i.my.id/index.php/konsepsi54