MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIDKAN PANCASILA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING (PjBL)

Isi Artikel Utama

Imelda Eka Ainurramadhani
Aprilia Nurul Khusnah
Andika Adinanda Siswoyo
Audita Hani Wijaya Putri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV di SDN Jukong 1 dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart, yang meliputi tahapan: merancang, melaksanakan tindakan, melakukan pengamatan, serta mengevaluasi melalui refleksi. Proses penelitian dilangsungkan dalam dua siklus dengan melibatkan 14 orang siswa sebagai peserta. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. yang bersumber dari hasil evaluasi, observasi keterlibatan siswa, serta penilaian terhadap produk yang dihasilkan. Pada siklus pertama, penerapan PjBL yang didukung dengan penggunaan mind mapping menunjukkan bahwa indikator berpikir kreatif berupa fluency dan originality masing-masing mencapai 77% dan 74%, sementara flexibility hanya mencapai 69%. Setelah dilakukan perbaikan strategi melalui penerapan buku mini pada siklus kedua, seluruh indikator berpikir kreatif mengalami peningkatan signifikan: fluency, flexibility, dan elaboration mencapai 92,85%, serta originality meningkat menjadi 91,40%. Persentase tingkat ketuntasan belajar siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan, dari hanya 26,7% atau 4 siswa pada siklus pertama, menjadi 80% atau 12 siswa pada siklus kedua. Hasil ini menunjukkan bahwa media buku mini lebih efektif dalam mendorong kreativitas siswa dibandingkan mind mapping, karena memberikan ruang ekspresi yang lebih luas dan memacu orisinalitas. Meskipun terdapat kendala dalam hal waktu pelaksanaan dan kesulitan awal dalam penggunaan mind mapping, penerapan PjBL berbantuan buku mini Model Project-Based Learning terbukti mampu membangun suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan penuh makna. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan ini efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ainurramadhani, Imelda Eka, Aprilia Nurul Khusnah, Andika Adinanda Siswoyo, dan Audita Hani Wijaya Putri. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIDKAN PANCASILA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING (PjBL)”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (September 4, 2025). Diakses Desember 28, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3313-3326.
Bagian
Artikel

Referensi

Basuki, K. H., & Farhan, M. (2023). Kontribusi Berpikir Fleksibilitas Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 80, 135–142.

Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714

Fidela, W., Fadilah, M., & Padang, U. N. (2024). Literature Review : Penerapan Model Project Based Learning ( PjBL ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. 4, 1498–1511.

fitri, wulandari, S., putri pratiwi, C., & Pardi Syarip Hidayat. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sdn Banjarpanjang 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(J01), 6085–6097.

Jannah, S. R., Firmansyah, R., & Nurfitri, A. (2023). Penerapan Model Project Based Learning dalam Menginisiasi Kegiatan Kolaboratif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Biologi, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1972

Jurnal Pengembangan dan Penelitian Pendidikan. (2025). 07(1), 137–153.

Khoerudin, C. M., Alawiyah, T., & Sukarliana, L. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Teknik Divergent Thinking dan Mind Mapping Dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Kewarganegaraan, 20(1), 27. https://doi.org/10.24114/jk.v20i1.43785

Maulidia, L., Nafaridah, T., Ahmad, Ratumbuysang. Monry FN, & Sari, E. M. (2023). Analisis Keterampilan Abad Ke 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Bajarsari. SeminarNasional (PROSPEK II), Prospek Ii, 127–133.

Prasetyo, T., M.S, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3617–3628. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.669

Safitri, R., Alnedral, A., Gusril, G., Wahyuri, A. S., & Ockta, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning dengan Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Atletik Lari Jarak Pendek. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 7(1), 20–29. https://doi.org/10.31539/jpjo.v7i1.7292

Sari, L. A., Khasanah, U., & Sulistyaningsih, W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle di Kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.76179

Sari, W. S. K., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2024). Kreativitas Karya Dekoratif Siswa dalam Pembelajaran Project Based Learning pada Kelas IV SD 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 23–31. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.4787

Taliak, J., Al Farisi, T., Sinta, R. A., Aziz, A., & Fauziyah, N. L. (2024). Evaluasi Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 583–589. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.876

Tunas, K. O., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Kebebasan dan Fleksibilitas. Journal on Education, 6(4), 22031–22040. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6324

Utami, N. S., Sulistiyani, I. R., & Sulistiono, M. (2023). Penerapan metode pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kreativitas anakdi mi- alfattah kota malang. JPMI : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(3), 186–195. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/index