ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN ENERGI MELALUI EKSPERIMEN KERTAS SPIRAL DAN LILIN DI SDN NEGERI 105 PEKANBARU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN 105 Pekanbaru mengenai konsep perubahan bentuk energi, khususnya dari energi panas menjadi energi gerak, melalui eksperimen sederhana menggunakan spiral kertas dan lilin. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian dilakukan dalam satu kali pertemuan dan melibatkan 25 siswa. Prosedur penelitian meliputi pemberian materi melalui PowerPoint, pelaksanaan eksperimen, pembagian LKPD, serta pengumpulan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa secara nyata dan kontekstual. Sebanyak 68% siswa memperoleh nilai di atas 80 dengan rata-rata nilai keseluruhan sebesar 82,0. Meskipun terdapat sebagian siswa yang masih mendapat nilai rendah, secara umum metode ini efektif dalam memperkuat pemahaman konsep dan keterampilan ilmiah siswa. Dengan demikian, eksperimen sederhana ini dapat menjadi alternatif pembelajaran IPA yang lebih menarik dan bermakna.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Alfatih, Andy. 2019. “Buku Pedoman Mudah Melaksanakan Penelitian Kualitatif.” : 48–61.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Desi, and M Rifqi Rijal. 2016. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Energi Bunyi Melalui Model Guided Discovery.” Primary 8(2): 268–82.
Jonimar. (2020). Pemanfaatan Alat Peraga IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(2), 69–84.
Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kumaat, G. E., Tulenan, V., & Patusuri, S. D. . (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Interaktif Perubahan Energi untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika, 16(3), 303–310.
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333K. Elissa, “Title of paper if known,” unpublished.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak..Jakarta: Rineka Cipta.
Yogi Fernando, Popi Andriani, and Hidayani Syam. 2024. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan 2(3): 61–68. doi:10.59246/alfihris.v2i3.843.