PENGOLAHAN MINYAK JELANTAH MENJADI LILIN AROMATERAPI MELALUI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Urfa Ernalia
Fifi Alayda Zahra
Rifqa Gusmida Syahrun Barakah
Neni Hermita

Abstrak

Masalah sampah rumah tangga, khususnya limbah minyak jelantah, menjadi isu penting yang berdampak pada pencemaran lingkungan jika tidak dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains dan kepedulian lingkungan siswa sekolah dasar melalui pengolahan minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi dengan pendekatan Project Based Learning (PjBL). Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 24 siswa kelas V SD. Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui tahapan pembelajaran berbasis proyek, mulai dari pengamatan, diskusi, praktik pembuatan lilin, hingga presentasi hasil. Data dikumpulkan melalui observasi, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 87,5% siswa mencapai ketuntasan belajar dengan nilai di atas 75, yang tergolong dalam kategori sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dalam pengolahan limbah minyak jelantah dapat meningkatkan pemahaman kognitif siswa sekaligus menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya pengelolaan lingkungan. Dengan demikian, pembelajaran berbasis proyek efektif diterapkan untuk membentuk karakter siswa yang peduli lingkungan dan meningkatkan literasi sains secara menyeluruh.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ernalia, Urfa, Fifi Alayda Zahra, Rifqa Gusmida Syahrun Barakah, dan Neni Hermita. “PENGOLAHAN MINYAK JELANTAH MENJADI LILIN AROMATERAPI MELALUI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4262–4267. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3302.
Bagian
Artikel

Referensi

Arbianti, A., Arum, M. R., Prasetyo, A., Irawan, N. C., Supriyadi, T & Wiyono. (2024). Education of Waste Cooking Oil Processing into Aromatherapy Candles for 2 Junior High School Karanganyar Students. Journal of Community Capacity Empowerment, 2(2), 58–64. https://doi.org/10.36728/jcce.v2i2.3866

Arifin, R., Widarko, A., Bastomi, M., Pangestuti, A. P., Puspitasari, D., & Alfandi, M. N. (2024). Strengthening The Creative Economy Of The Community Through The Utilization Of Used Cooking Oil Waste Into Aromatherapy Candles. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(1), 215–224. https://doi.org/10.36908/akm.v5i1.1156

Asdi, N. K., Triwahyuningtyas, D., & Miskatiningsih, S. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi IPAS Kelas 4 SDN Mulyorejo 1 Tahun Ajaran 2024/2025. 1(2), 1815–1824.

Betriami, A., & Efrizon. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Software Simulasi pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI TAV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 2732–2743. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/8632

Cahyaputri, B., & Hasibuan, B. (2023). Training For Increasing Cooking Oil Into Aromatherapy Wax For Bekasi Jaya Indah Housewife. 2023Jolastic, 01(2), 1–8.

Ramadani, S. D., Btari, S., & Kusumaningrum, C. (2024). Transforming Waste Cooking Oil into Aromatherapy Candles to Enhance Environmental Conservation and Support Entrepreneurship Programs in Sirahan Village. 5(4), 945–957.

Safitri, S., Busyairi, A., & Andriyani, N. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS 5 DI SDN 44 AMPENAN TAHUN AJAR 2024/2025. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 09(23), 301–316. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19687

Sari, K. E., Rahmawati, A., Agustin, N. F., Atha, K., Azizi, R., Wara, A. D., Khoirunnisa, A., Listiawan, M. R., Cahyanto, F. D., & Yogyakarta, S. K. (2023). TRAINING FOR MAKING AROMATHERAPY CANDLES TO MINIMIZE USED COOKING OIL WASTE IN THE COMMUNITY OF TAPEN HARGOMULYO KULON PROGO VILLAGE. 164–169.

Savira, A., Susanti, S., Haryati, R., & Setyawan, B. (2023). Project based Learning: DIY Learning Model to Write the Procedure Text at SMP N 4 Surakarta.

Syarifudin, A., Suriansyah, A., & Rafiant, W. R. (2024). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project Based Learning ). 2004, 2306–2318.

Wati, M., Ulfah, N. M., Rahmiyani, I., & Sasmita, F. D. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning (Pjbl). Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 13–23. https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.11315