PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN WUJUD ZAT PADA SISWA KELAS 4 SD 105 PEKANBARU

Isi Artikel Utama

Attasya Fadila Efendi
Anisah nur Afliyani
Neni Hermita
Rifqa Gusmida Syahrun Barokah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan pemahaman konsep perubahan wujud zat pada siswa kelas IV SD 105 Pekanbaru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dirancang untuk mengukur pemahaman siswa setelah mengikuti kegiatan eksperimen. Kegiatan eksperimen dilakukan secara berkelompok dengan menggunakan es batu sebagai media utama untuk mengamati perubahan wujud zat dari padat ke cair dan cair ke gas. Data diperoleh melalui hasil pengerjaan soal pilihan ganda dan esai yang dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode eksperimen mengalami peningkatan pemahaman konsep secara signifikan. Nilai rata-rata keseluruhan berada pada kategori “Baik” hingga “Sangat Baik”, membuktikan bahwa metode eksperimen efektif dalam membangun pemahaman konseptual dan keterampilan berpikir ilmiah siswa secara aktif dan menyenangkan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Attasya Fadila Efendi, Anisah nur Afliyani, Neni Hermita, dan Rifqa Gusmida Syahrun Barokah. “PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN WUJUD ZAT PADA SISWA KELAS 4 SD 105 PEKANBARU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3909–3915. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3317.
Bagian
Artikel

Referensi

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: s

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15-31.

Aras, N. F., Lestari, M., Hidayat, A., Rahayu, S., & Agus, A. (2021). Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Melalui Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 943-951.

Budianti, Y., & Salsabila, S. (2020). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI GERAK BENDA. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 55-62.

Hanafi, I., Nugraha, A., & Ganda, N. PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP ANALISIS KONSEP PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS V. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 232-241.

Hamdu, G., & Yulianto, A. (2018). The ability of prospective elementary school teachers to develop student worksheets on Context-Based Science Learning. Mimbar Sekolah Dasar, 5(3), 155-161.

Mutmainnah, H. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Eksperimen di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 87-97.

Mutmainah, S., Tryanasari, D., & Jatmikawati, M. (2024). Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas V Terhadap Konsep Perubahan Wujud Benda Tema 7 Subtema 2 Dengan Metode Eksperimen Di SDN 01 Taman. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4126-4133.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721-2731.

Sulastri, I. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Perubahan Wujud Benda Siswa Sekolah Dasar Melalui Metode Eksperimen. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 24-35.

Yarnis, Y. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN 01 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(1), 47-67.

Yusaputri, N., Imansyah, F., & Riyanti, H. Pengaruh Metode Eksperimental terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Ciptamuda Oku Timur.