CERITA RAKYAT MELAYU DAN PENDIDIKAN KONSERVASI STRATEGI MENANAMKAN KESADARAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI 25 ARTIKEL JURNAL DAN PRAKTIK AJAR KELAS IV SDN 035 TARAI BANGUN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana cara melestarikan alam sekaligus budaya Indonesia melalui budaya lokal yang terkandung dalam cerita rakyat, cerita rakyat menjadi bahan atau strategi pembelajaran di sekolah, dilakukan dengan meninjau dari 25 artikel terdahulu dari tahun 2020 hingga 2025 dengan metode kualitatif fenomenologis dan dibuktikan langsung melalui praktik ajar di kelas IV SDN 035 Tarai Bangun. Hasilnya membuktikan bahwa pembelajaran dengan strategi menggunakan cerita rakyat sangat evektif dan efisien melihat antusias anak serta kelengkapan nilai-nilai sosial budaya terhadap lingkungan masyarakat maupun alam, hal ini juga dapat meningkatkan literasi serta mengembangkan imajinasi keterampilan proses berfikir anak sehingga unsur yang lengkap ini menjadikan cerita rakyat sebagai bahan yang penting dalam pembelajaran, termasuk pendidikan konservasi.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT SENDANG WIDODARI KABUPATEN KUDUS. PROGRES PENDIDIKAN. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55
Anjasti, A. D., Alawiyah, N., & Sari, W. K. (2024). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERMUATAN CERITA PENDEK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI POKOK ASAM BASA. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 37–47. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i1.356
Anom, I., Aji, B., Kunci, K., Kritis, B., Lokal, K., Ipa, P., Dasar, S. S., & -Eksperimen, K. (2024). Bagaimana Buku Suplemen IPA Berbasis Kearifan Lokal Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar? In Journal of Education Research (Vol. 5, Issue 4).
Asis Nojeng, null, Asri Ismail, null, M. Miftach Fakhri, null, Dary Mochamad Rifqie, null, & Muhammad Ansarullah S. Tabbu, null. (2023). PKM Pengembangan Literasi Digital: Membuat Cerita Rakyat Komik Digital Pada Kabupaten Majene. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.192
Aufa, M. R. (2021). Potensi Kearifan Lokal Kudus Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Sumba (JES). https://doi.org/10.53395/jes.v5i1.369
Disertasi. (n.d.). REVITALISASI KEARIFAN LOKAL (LUBUK LARANGAN) DALAM TINJAUAN MAQASHID AL-SYARI’AH TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MUSLIM DI KABUPATEN MANDAILING NATAL.
Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia.
Fadhil, M., Ananda, R., Aulia Phadila, C., Saputri, T. N., Sihombing, K. N., Furqon, M., & Jambi, U. (n.d.). Kajian Etnosains: Pengembangan Buku Pengayaan Digital IPA Berbasis Kearifan Lokal Tari Sekapur Sirih. https://journalpedia.com/1/index.php/jpp
Febriyantini, F., Guna Utama, E., & Mariana, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Etnosains pada Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 32(3), 411–420. https://doi.org/10.32585/jp.v32i3.4332
Fitriyah, S. N., Suciptaningsih, O. A., & Mashfufah, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar IPAS Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Aplikasi Heyzine pada Muatan Cerita Tentang Daerahku. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5230–5236. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4447
Hadi, O., Antropologi, N., Pendidikan, K., Teknologi, D., Standar, B., Asesmen Pendidikan, D., & Perbukuan, P. (n.d.). SMA KELAS XI.
Mukti, suastra, aryana. (2022). Integrasi Etnosains dalam pembelajaran IPA.
Olak Wuwur, E. S. P., Kuswandi, D., & Awaliyah, S. (2023). Internalisasi Kearifan Lokal Leva Nuang Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i4.2583
PROSIDING SCIENCE EDUCATION NATIONAL CONFERENCE 2021 (SENCO 2021) UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA. (2022).
Rahmawati, I. S., Sutrisna, D., & Nisya, R. K. (2023). Nilai-nilai Kearifan Lokal dan Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Lutung Kasarung. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4397
Rizqi, N. R., Saragih, S., Napitupulu, E. E., & Maharani, I. (2023). Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Berbasis Budaya Melayu Deli Melalui Model Problem Based Learning. PRISMA. https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3259
Safitri, L., Susanti, M., Anggun, C., Wahyuni, S., Yusmar, F., & Nuha, U. (2023). PENGUATAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA: STUDI LITERATUR. Jurnal Muara Pendidikan. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1227
Safitri, R. E., & Rahim, A. (2024). IMPLEMENTASI P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n2.p616--624
Septina, E. A., Widianingrum, O. L., & Cahyaningrum, D. (2025). Korelasi Budaya, Potensi Lokal dan Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains. In Journal of Science Education Research and Innovation (JOSERI) (Vol. 1, Issue 1).
Sintamiati, N. N. D., Rati, N. W., & Ana, K. Y. (2021). Integrasi Kebudayaan Lokal Bali dalam Modul Peduli terhadap Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia. https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i1.38569
Subchiya Hanum, A., & Author, C. S. (2022). Elektronik Komik Ekosistem (E-Mikosis) Bermuatan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spasial IPA.
Sumantri, M. S., Sekar, A., & Putri, D. (n.d.). 68 Pemanfaatan Komik Digital pada Pembelajaran IPA di kelas tinggi Sekolah Dasar. http://ojs/jurnal.perduli.com
Wahyuni, A., & Lia, L. (2020). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Kearifan Lokal Palembang Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.4187
Wati, S. (2020). Peran Guru Kelas Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains. Integrated Science Education Journal. https://doi.org/10.37251/isej.v1i2.78
Wayan Widana, I. (2020). The Effect of Digital Literacy on the Ability of Teachers to Develop HOTS-based Assessment. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012045
Zahro, F., & Maulida, A. N. (n.d.). SEMINAR PENDIDIKAN IPA XV 2023 “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPA untuk Konservasi Alam dan Kearifan Lokal” Peran dan Tantangan Guru IPA dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka untuk Konservasi Alam dan Kearifan Lokal.