ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN INKLUSIF (STUDI KASUS DI SD NEGERI NGABEYAN

Isi Artikel Utama

Ahmad
Minsih
Choiriyah Widyasari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca pemahaman siswa yang mengalami keterlambatan membaca. Keterlambatan membaca pemahaman pada siswa ditandai dengan kesulitan dalam memahami ide pokok bacaan, menemukan informasi dalam bacaan, dan membuat kesimpulan dari bacaan. Tidak hanya itu, siswa mengalami hambatan berupa rendahnya minat dan motivasi membaca, keaktifan yang lebih banyak dipergunakan untuk bermain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik tes, observasi, dan wawancara digunakan dalam mengumpulkan data. dan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  siswa tersebut masuk dalam kategori anak berkebutuhan khusus dan mengalami keterlambatan dalam kemampuan membaca pemahaman. Hal ini ditandai dengan lambatnya perkembangan kemampuan membaca, terkadang ditemukan kesalahan dalam membaca, dan rendahnya pemahaman terhadap isi bacaan. Kemudian terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya minat baca dan motivasi, serta faktor lain seperti pengaruh gadget dan lingkungan keluarga yang kurang edukatif, menjadi penyebab utama keterlambatan membaca pemahaman. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya peran guru dan orang tua dalam memasifkan pendidikan inklusif sebagai langkah solutif dalam memberikan pendidikan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ahmad, Ahmad, Minsih Minsih, dan Choiriyah Widyasari. “ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN INKLUSIF (STUDI KASUS DI SD NEGERI NGABEYAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3923–3932. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3375.
Bagian
Artikel

Referensi

Adnyana, I. K. S., Ronny, P., Mahendra, A., Meter, W., & Gusti, I. (2024). Implementation of Differentiated Learning in Identifying Sentence Structures for Fifth Grade Elementary School Students : Analysis of Obstacles and Implementation Solutions. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 57(2), 433–444.

Ahmad, Harits, A., Hermasnyah, & Mulyadi, W. (2024). Peningkatan Literasi Melalui Program Study Tour Di Sekolah Dasar. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 151–163.

Ahmad, Syarifuddin, Fuaduddin, Riningsih, & Iriyanti. (2024). the Effect of Teaching At the Right Level (Tarl) Approach on Literacy Skills of Primary School Students. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(1), 19–30. https://doi.org/10.24252/auladuna.v11i1a3.2024

Ahmad, Umar, Ramadhan, S., & Jayanti, M. I. (2023). Menumbuhkan Karakter Positif Siswa Melalui Tayangan Inspiratif di SDN Inpres Nanga Ni’u Desa Karampi. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 7(1), 119–131.

Ainu Ningrum, N. (2022). Strategi Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181–196. https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i2.3099

Alaslan, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Ed. 1 Cet.). Rajawali Pers.

Aprilia, L., Wijaya, S., & Oktaviani, A. M. (2025). STUDI LITERATUR : BAGAIMANA MINAT MEMBACA MEMPENGARUHI PRESTASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4001–4011.

Aryani, K. A., Ardani, N. L. P. E., Dewi, N. M. C. K., Arisandi, N. M. A., Adriani, N. L. D., & Werang, B. R. (2024). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(03), 75–79. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1320

Booth, T., Ainscow, M., Dyson, A., & Ainscow, M. E. L. (2006). Understanding inclusion and exclusion in the English competitive education system. International Journal of Inclusive Education, July 2011, 37–41.

Chasanah, N., & Pranoto, Y. K. S. (2023). Parental Guidance for Gadget Use during Early Childhood. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 56(3), 501–508. https://doi.org/10.23887/jpp.v56i3.66501

Dare, L., & Nowicki, E. (2018). Strategies for inclusion: Learning from students’ perspectives on acceleration in inclusive education. Teaching and Teacher Education, 69, 243–252. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.10.017

Demchenko, I., Maksymchuk, B., Bilan, V., Maksymchuk, I., & Kalynovska, I. (2021). Training Future Physical Education Teachers for Professional Activities under the Conditions of Inclusive Education. Brain. Broad Research in Artificial Intelligence and Neuroscience, 12(3), 191–213. https://doi.org/10.18662/brain/12.3/227

Dwi Suratimah, & Ngatmini Ngatmini. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 138–154. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i2.286

Fikri, M., Nasir, A., & Kudus, I. (2024). Membangun Madrasah Inklusif : Upaya Menuju Sekolah Ramah Diversitas Melalui Implementasi Pendidikan Inklusif Di Madrasah Ibtidaiyah. JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 21–44.

Florian, L., & Linklater, H. (2010). Preparing teachers for inclusive education: Using inclusive pedagogy to enhance teaching and learning for all. Cambridge Journal of Education, 40(4), 369–386. https://doi.org/10.1080/0305764X.2010.526588

Gunarwati, R., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Janacitta, 4(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i2.1142

Helzi, H., Minsih, M., Desstya, A., & Muhammad, M. (2024). Innovative Approaches to Science and Social Studies-Centered Learning with a Focus on Student Wellbeing in Elementary Education. PPD: Profesi Pendidikan Dasar, 11(1), 64–79. https://doi.org/10.23917/ppd.v11i1.6173

Indrawati, Ilham, Muslim, & Ahmad. (2024). Peran Guru dalam Membangun Belajar Anak Usia Dini di TK PGRI Ibadurrahman Mande Kota Bima. GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 86–97.

Islamy, F. A., & Wachidah, K. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas IV dengan Gangguan Disleksia di SDN Petungasri 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.418

Lailiyah, S., Arrifadah, Y., Sadieda, L. U., Yanti, A. W., & Mareta, F. (2024). Analysis of Madrasah Ibtidaiyah Teachers ’ Understanding of Differentiated Learning Training for Merdeka Curriculum. PPD: Profesi Pendidikan Dasar, 1–19. https://doi.org/10.23917/ppd.v11i1.4311

Manurung, A. S., Yufiarti, & Supena, A. (2022). Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Elementary School Journal Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 12(4), 308–322.

Molina Roldán, S., Marauri, J., Aubert, A., & Flecha, R. (2021). How Inclusive Interactive Learning Environments Benefit Students Without Special Needs. Frontiers in Psychology, 12(April). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.661427

Mollo, N. T., Broer, N. A., Walt, J. L. Van Der, Wolhuter, C. C., & Kgale, B. (2024). The Role of Parents in Addressing the Discipline Problems of Children at. PPD: Profesi Pendidikan Dasar, 25–43. https://doi.org/10.23917/ppd.v11i2.5405

Murfiana, A. S., Widiansyah, A., & Dariyanto. (2022). Analisis Problematika Membaca Pemahaman Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Educational Journal of Bhayangkara, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31599/edukarya.v2i1.1308

Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 8(1), 11. https://doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14072

Ningrum, D. A., Hamzah, F. S., Hikmah, N., Maghfiroh, L., Rizqiyah, Z. A., & Asitah, N. (2025). Nusantara Educational Review Berkebutuhan Khusus. Nusantara Educational Review, 3(1), 9–16.

Novembli, M. S., & Hasanah, N. (2024). Transformation of Teachers ’ Attitudes and Understanding of Students with Disabilities through Inclusive Education Training. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 57(3), 666–675.

Nursapia Harahap. (2020). penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.)). Wal ashri Punhlising.

Olateju Temitope Akintayo, Chima Abimbola Eden, Oyebola Olusola Ayeni, & Nneamaka Chisom Onyebuchi. (2024). Inclusive curriculum design: Meeting the diverse needs of students for social improvement. International Journal of Frontiers in Science and Technology Research, 6(2), 050–059. https://doi.org/10.53294/ijfstr.2024.6.2.0037

Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia dengan Metode Multisensori di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1799–1808. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Prof. DR. Lexy J. Moleong, M. A. (2018). Metode Penelitian Kualitatif.

Prof. Dr. sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif dan R & D, Op.cit, h.300.

Putri, I. M., Yarmi, G., & Jaya, I. (2024). Analisis Penilaian Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 7304–7313.

Qorib, M. (2024). Analysis the Impact of Differentiated Instruction on Critical Diversity Literacy in Inclusive Education. Aksaqila International Humanities and Social Sciences [AIHSS] Journal, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.30596/aihss.v3i1.502

Rahayu, T. E., Apriliya, S., & Saputra, E. R. (2023). Analisis Persepsi Guru tentang Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7210–7219. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2864

Rumahorbo, E. M., Wulan, N. S., & Hidayat, E. (2021). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD, 01(02), 227–236. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/1888/1740

Shutaleva, A., Martyushev, N., Nikonova, Z., Savchenko, I., Kukartsev, V., Tynchenko, V., & Tynchenko, Y. (2023). Sustainability of Inclusive Education in Schools and Higher Education: Teachers and Students with Special Educational Needs. Sustainability (Switzerland), 15(4). https://doi.org/10.3390/su15043011

Siti Haerunisa, Tuti, D. L., & Oktavia, H. (2024). PENGARUH MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA LITERASI DIGITAL. Jurnal Kajian Pendidikan, 6(3), 258–270.

Suryani, A. I., & Alqadri Bagdawansyah. (2024). Pengembangan Pendidikan Inklusif Dengan Pendekatan Berdiferensiasi Melalui Metode Peer Teaching Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 09, : 2548-6950.

Tohara, A. J. T., Shuhidan, S. M., Bahry, F. D. S., & Nordin, M. N. bin. (2021). Exploring Digital Literacy Strategies for Students with Special Educational Needs in the Digital Age. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(9), 3345–3358. https://www.turcomat.org/index.php/turkbilmat/article/view/5741

Umami, F. D., Djunaid, & Firdaus, M. (2023). KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI BACAAN DI KELAS IV SD NEGERI 17 TANJUNG BATU. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD, 9(4), 1962–1970.

van Steen, T., & Wilson, C. (2020). Individual and cultural factors in teachers’ attitudes towards inclusion: A meta-analysis. Teaching and Teacher Education, 95, 103127. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103127

Yada, A., Tolvanen, A., & Savolainen, H. (2018). Teachers’ attitudes and self-efficacy on implementing inclusive education in Japan and Finland: A comparative study using multi-group structural equation modelling. Teaching and Teacher Education, 75, 343–355. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.07.011

Yulianti, B. D., & Sukasih, S. (2023). School Literacy Movement and Impact on Students’ Reading Interest Elementary School. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 6(1), 129–132. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v6i1.7530

Yuliyanti, M., Agustin, A., Utami, S. D., Purnomo, S., & Wijaya, S. (2024). Mengembangkan Pendekatan Pendidikan Inklusif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar: Strategi Desain Dan Implementasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 634–649.