ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA ANAK SLOW LEARNER DI KELAS 3 SDN 02 ANGGRASMANIS

Isi Artikel Utama

Miftahudin
Minsih
Choiriyah Widyasari

Abstrak

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kesukaran belajar yang dialami oleh anak slow learner di kelas 3 SDN 02 Anggrasmanis Karanganyar, serta cara guru memberikan layanan untuk anak slow learner. Data dikumpulkan melalui pendekatan studi kasus. Peneliti menghubungkan data dengan Teknik Observasi, wawancara dengan tenaga pendidik dan siswa serta dokumentasi. Perolehan wawancara yang peneliti lakukan dengan guru dan 3 siswa slow learner selanjutnya dianalisis lalu ditarik kesimpulan sehingga mendapat kesimpulan tentang pelayananan bimbingan terhadap anak slow learner yang mengalami kesulitan belajar. Hasil dari pengumpulan data ini di temukan 3 siswa slow learner yang mengalami kesulitan belajar dan mereka mendapatkan layanan bimbingan berupa tes calistung yang dilakukan setiap 1 bulan sekali.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Miftahudin, Minsih, dan Choiriyah Widyasari. “ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA ANAK SLOW LEARNER DI KELAS 3 SDN 02 ANGGRASMANIS”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4019–4025. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3501.
Bagian
Artikel

Referensi

Ahmad, Harits, A., Hermasnyah, & Mulyadi, W. (2024). Peningkatan Literasi Melalui Program Study Tour Di Sekolah Dasar. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 151–163.

Ahmad, Syarifuddin, Fuaduddin, Riningsih, & Iriyanti. (2024). the Effect of Teaching At the Right Level (Tarl) Approach on Literacy Skills of Primary School Students. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(1), 19–30. https://doi.org/10.24252/auladuna.v11i1a3.2024

Ahmad, Umar, Ramadhan, S., & Jayanti, M. I. (2023). Menumbuhkan Karakter Positif Siswa Melalui Tayangan Inspiratif di SDN Inpres Nanga Ni’u Desa Karampi. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 7(1), 119–131.

Alaslan, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Ed. 1 Cet.). Rajawali Pers.

Gunarwati, R., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Janacitta, 4(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i2.1142

Hasana, L. M. U., Vetianab, G. V., & Salmac, K. N. (2025). Implementasi Teori Four Aspects of Language Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Journal of Arabic Language Studies and Teaching, 5(1), 52–66.

Indrawati, Ilham, Muslim, & Ahmad. (2024). Peran Guru dalam Membangun Belajar Anak Usia Dini di TK PGRI Ibadurrahman Mande Kota Bima. GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 86–97.

Khabibah, N. (2013). Penanganan Instruksional Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner). Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 19(2), 26–32. https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/41/0

Lalita, A. C., Haikal, D. R., Aswati, D., & Jaya, I. (2024). Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2), 4763–4769.

Lessy, N., & Pattimura, U. (2023). Implementasi Layanan Inklusi di Sekolah : Peran Guru dan Orang Tua dalam Mendukung Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Populis: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 18(1), 65–84.

Marheni, K. I. (2017). Art therapy bagi anak slow learner. Prosiding Temu Ilmiah Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1, 154–162. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2185/0

Miles, M. B. (1920). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru/ Matthew B., Miles dan A. Michael Huberman: penerjemah Tjejep Rohendi Rohidi,. penerbit universitas Indonesia.

Mustaqim, O. R. (2024). Manajemen Pendidikan yang Mengakomodasi Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendekatan Holistik. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 2(1), 21–31. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jpicb/article/view/3495

Nursapia Harahap. (2020). penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.)). Wal ashri Punhlising.

Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia dengan Metode Multisensori di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1799–1808. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Prof. Dr. sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif dan R & D, Op.cit, h.300.

Rahayu, T. E., Apriliya, S., & Saputra, E. R. (2023). Analisis Persepsi Guru tentang Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7210–7219. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2864

Rahmadhani, S. L., & Sholehuddin. (2024). Analisis Faktor Kemampuan Pemahaman Membaca pada Kelas V Sekolah Dasar. 793–799.