ANALISIS KETERLAMBATAN PADA PRESTASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS SISWA IV DI SD NEGERI GURAWAN)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlambatan siswa pada prestasi belajar Serta menyelidiki faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan prestasi belajar pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa siswa mengalami gangguan pada aspek fisik, kognitif, psikomotori dan afektif, gangguan yang bersifat tidak permanen namun memperhambat prestasinya. Sehingga kemampuan pendengaran dan bicara, kemampuan komunikasi yang kurang, serta kondisi tunagrahita yang memengaruhi perkembangan kognitif dan bahasa. Selain itu, juga mengalami kesulitan dalam berhitung, seperti sulit membaca tanda-tanda matematika, mengoperasikan bilangan, membilang secara berurutan, dan membedakan angka yang mirip. Faktor internal seperti genetik dan gangguan perkembangan kognitif, serta faktor eksternal seperti lingkungan yang kurang stimulatif dan minimnya rangsangan bahasa dari keluarga, turut memperparah kondisi. Penelitian ini merekomendasikan perlunya intervensi dini yang melibatkan guru, orang tua, dan tenaga profesional, serta pengembangan model pembelajaran inklusif yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus. Penelitian lanjutan diperlukan untuk menguji efektivitas intervensi dan memantau perkembangan dalam jangka panjang
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Af’idah, I. N., Rosyadah, I. F., & Putri, R. A. (2022). Analisis Gangguan Kecemasan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus pada Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 167–184. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i2.540
Ainu Ningrum, N. (2022). Strategi Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181–196. https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i2.3099
Alam, A., & Mohanty, A. (2023). Cultural beliefs and equity in educational institutions: exploring the social and philosophical notions of ability groupings in teaching and learning of mathematics. International Journal of Adolescence and Youth, 28(1). https://doi.org/10.1080/02673843.2023.2270662
Alaslan, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Ed. 1 Cet.). Rajawali Pers.
Amani, A. Z., Adrias, A., & Suciana, F. (2025). Efektivitas Media Flashcard dalam Mengatasi Keterlambatan Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar. Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 3(43–51).
Chaidi, E., Kefalis, C., Papagerasimou, Y., & Drigas, A. (2021). Educational robotics in Primary Education. A case in Greece. Research, Society and Development, 10(9), e17110916371. https://doi.org/10.33448/rsd-v10i9.16371
Gustiana, A. A. (2024). Analisis Keterlambatan Berbicara pada Anak. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 8(2), 100–108.
Hafiansyah, M. B., & Rasyidina, Y. G. (2024). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus dan Cara Penanganan Guru kepada Anak Berkebutuhan Khusus serta Kebijakan Kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–16.
Jamilah, S., Mahendra, D. A., Salsabila, N. E., Elfrida, Y., Siregar, Y., & Bangsa, U. P. (2025). Analisis Perilaku Pada Anak Gangguan Spektrum Autisme di SD Behavioral Analysis in Children with Autism Spectrum Disorder at SD IT Azzhahiriyah. ARJI: Action Research Journal Indonesia, 7(2), 358–366.
Lindner, K. T., Schwab, S., Emara, M., & Avramidis, E. (2023). Do teachers favor the inclusion of all students? A systematic review of primary schoolteachers’ attitudes towards inclusive education. European Journal of Special Needs Education, 38(6), 766–787. https://doi.org/10.1080/08856257.2023.2172894
Miftahurrohmah, L., & Pamuji. (2024). Intervensi Anak Speach Delay Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(2), 259–267.
Nursapia Harahap. (2020). penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.)). Wal ashri Punhlising.
Oktavia, H., Haerunisa, S., Tuti, D. L., & Siregar, Y. E. Y. (2025). Strategi Guru Dalam Menangani Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Yang Berpengaruh Terhadap Interaksi Sosial Anak Siswa Sekolah Dasar. Jurnall Inovasi Pendidikan, 6(1), 19–29. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1285
Oktavia, M., & Junita Sari, M. (2024). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus dengan Anak Autis. Educational Journal of Innovation and Publication (EJIP), 3(1), 64–75. https://scholar.google.com/
Prof. DR. Lexy J. Moleong, M. A. (2018). Metode Penelitian Kualitatif.
Prof. Dr. sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif dan R & D, Op.cit, h.300.
Rahayu, A. W., Januar, H., Miyono, N., & Khasanah, S. K. (2023). Analisis kesulitan belajar siswa berkebutuhan khusus slow learner di SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 2471–2480.
Rahayu, H. P., Nurkhalika Utami, A., Kembar, P., Fadilah, N., Setiawan, L., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Tarbiyah, F., Tadris, D., Islam, U., Fatmawati, N., & Bengkulu, S. (2023). Analysis of Writing Learning for Intellectually Disabled Children. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 175–178. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index
Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Citrawan, I. W. (2023). The special education teachers’ ability to develop an integrated learning evaluation of Pancasila student profiles based on local wisdom for special needs students in Indonesia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 44(2), 527–536. https://doi.org/10.34044/j.kjss.2023.44.2.23
Widyawati, Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Prastitasari, H., & Prihandoko, Y. (2024). Strategi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus di SDN Pemurus Dalam 2 Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). JTPP: Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 02(02), 676–683.