PENGARUH KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap keaktifan belajar siswa kelas V di SDN 10 Pinggir, Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional ex post facto, karena data dikumpulkan setelah peristiwa terjadi tanpa perlakuan langsung dari peneliti. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang dipilih secara acak dari kelas V. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang terdiri dari 13 item untuk variabel Kurikulum Merdeka dan 30 item untuk variabel keaktifan belajar siswa. Data dianalisis menggunakan uji korelasi dan regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 15,238 > t tabel 1,701. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kurikulum Merdeka dan keaktifan belajar siswa. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 1,476 + 2,311X, yang berarti setiap peningkatan penerapan Kurikulum Merdeka akan diikuti oleh peningkatan keaktifan belajar siswa. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka terbukti memiliki pengaruh positif terhadap keaktifan belajar siswa. Hasil ini sejalan dengan prinsip pembelajaran aktif dan pendekatan konstruktivisme yang menekankan peran aktif siswa dalam proses belajar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abdul Ghani, Ribahan, & Nasri, U. (2023). Paradigma Diferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Konteks Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 17(2), 169–179. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v17i2.8867
Agustina, R., & Mustika, D. (2023). Persepsi Guru terhadap Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 359–364. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.540
Arta, G. Y. (2024). Asesmen dalam Pendidikan: Konsep, Pendekatan, Prinsip, Jenis, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 170–190.
Asyrifah Zaini Wahdah, & Putri Nur Malasari. (2022). Studi Ex Post Facto: Apakah Kecerdasan Emosional Berkontribusi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa? Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 123–138. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4093
Damiati, M., Junaedi, N., & Asbari, M. (2024). Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 11–16.
Diana Rossa Martatiyana, Lina Novita, R. P. (2022). Muallimuna : jurnal madrasah ibtidaiyah. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1, 99–112. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v10i1.16633
Eman Nataliano Busa. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764
Fadhilah, H. N. (2025). Fostering Inclusive Arabic Language Education through a Humanistic Approach Mewujudkan Pendidikan Bahasa Arab yang Inklusif melalui Pendekatan Humanistik. 2(4), 384–396.
Fakih Khusni, M., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60–71. https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.60-71
Febrianti, M., & Dafit, F. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas Iv Upt Sd Negeri 005 Hangtuah Kabupaten Kampar. Social Science Academic, 1(2), 99–116. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3434
Gresinta, E. (2024). Platform Merdeka Mengajar sebagai Inovasi dalam Dunia Pendidikan. 06(06), 24–28.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Herman, H., Lukman Panji, A., & Eka Mahmud, M. (2023). Kebijakan Perubahan Kurikulum Di Indonesia. An-Nadzir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 92–104. https://doi.org/10.55799/annadzir.v1i02.255
Hudri, S., Yamin, A., & Khadafie, M. (2024). Efektivitas Penerapan Aplikasi Absensi Online Berbasis Android untuk Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai (Studi Kasus pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sumbawa Barat). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–108. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3626
Kholidah, Hidayat, Jamaludin, Leksono, 4universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2023.Kajian Etnosains Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Menumbuhkan Nilai Kearifan Lokal Dan Karakter Siswa Sd Chanos Chanos).Melalui Sate Bandeng. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, & Issn. (2023). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 43(4), 342–346.
Khotimah, K., & Ain, S. Q. (2023). Kemampuan Guru dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar pada Kurikulum Merdeka. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 486–494. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.568
Lingga, L. J., Satria, H., Ain, S. Q., & Nuramadina, A. (2023). Pendampingan Strategi Pembuatan Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka untuk Guru-guru SDN 184 Pekanbaru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 515–521. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.576
Marpaung, R. W. (2024). Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Siswa di Era Digital. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 550–558. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.677
Mualif, M. (2021). Pola Interaksi Antara Guru Dengan Siswa Pada. 3(1), 62–71.
Mustafiyanti, A. N. A. C. (2024). Prinsip Dan Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Kurikulum. Institut Agama Islam Al-Quran Al- Ittifaqiah Indralaya, 2(3), 10.
Puspita sari, A. S., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Rainbow Board di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3251–3265. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1687
Ray, S., Das, J., Pande, R., & Nithya, A. (2024). Swati Ray 1 , Joyati Das 2* , Ranjana Pande 3 , and A. Nithya 2. 4(3), 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13
Santika, R., & Dafit, F. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6641–6653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611
Saragih, O., & Marpaung, R. (2024). Tantangan dan Peluang: Studi Kasus Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Mandiri Berubah Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 888–903. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.632
Sari, F. B., Amini, R., & Mudjiran, M. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Integrated di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1194–1200. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.524
Sari, N., & Ramadan, Z. H. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media Baamboozle Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 8, 447–456.
Simarmata, M. S. B., & Dafit, F. (2023). Penilaian Kurikulum Merdeka di SDN 190 Pekanbaru. Journal Of Social Science Research, 3(6), 2609–2617.
Sri Rahayu, H., & Tatat Luswati, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(2), 132–137. https://doi.org/10.56916/bip.v1i2.702
Yanti, I. W., Novandari, N. D., Iskandar, S., & Maret, U. S. (2025). Analisis Kesiapan Guru Dan Persepsi Peserta Didik. 07(1), 36–57.
Yanti, N. H., Nuvitalia, D., Miyono, N., & Rizkiyati, N. (2023). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar menggunakan Aplikasi Wordwall. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 634–638. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.667