PENGARUH MEDIA WORDWALL PADA KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS IV SDN 193 PEKANBARU

Isi Artikel Utama

Ronaa Fadhilah
Febrina Dafit

Abstrak

Rendahnya literasi membaca siswa sekolah dasar di Indonesia masih menjadi tantangan serius di era pendidikan 4.0, sebagaimana tercermin dalam hasil PISA 2022 yang menempatkan Indonesia di peringkat 71 dari 81 negara. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pengaruh media pembelajaran Wordwall pada kemampuan literasi membaca siswa kelas IV SDN 193 Pekanbaru. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest, sebanyak 29 siswa menjadi responden. Hasil menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 15,38 (pretest) menjadi 17,41 (posttest), median dari 16,00 menjadi 18,00, skor maksimum dari 21 menjadi 25, dan skor minimum dari 8 menjadi 9. Simpangan baku naik dari 3,590 menjadi 4,188, menunjukkan variasi hasil belajar meningkat. Uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan data berdistribusi normal (Sig. pretest 0,151; posttest 0,470). Uji linearitas membuktikan hubungan linear signifikan (Sig. Linearity 0,000 < 0,05). Analisis regresi menghasilkan persamaan Y = 3,756 + 0,888X dengan R² = 0,579, artinya Wordwall berkontribusi 57,9% terhadap peningkatan literasi. Uji hipotesis menunjukkan Wordwall berpengaruh signifikan (Sig. 0,000 < 0,05), sehingga Hₐ diterima dan H₀ ditolak, yang mengindikasikan Wordwall berpengaruh signifikan dalam meningkatkan literasi membaca siswa. Hasil ini mendukung teori dan temuan sebelumnya tentang pengaruh media berbasis game dalam pembelajaran. Wordwall dapat diadopsi sebagai media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan literasi membaca di sekolah dasar.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fadhilah, Ronaa, dan Febrina Dafit. “PENGARUH MEDIA WORDWALL PADA KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS IV SDN 193 PEKANBARU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 3136–3145. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3957.
Bagian
Artikel

Referensi

Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 45–56.

Amelia, R., Putri, D. F., & Hasanah, S. (2024). Literasi Membaca di Era Digital: Tantangan dan Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 11(1), 20–35.

Ani Daniyati, T., Susanti, L., & Pratama, R. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 1–10.

Arimbawa, K. (2021). Pemanfaatan Wordwall Sebagai Media Interaktif dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3), 310–320.

Cahyadi, A. (2019). Media Pembelajaran dalam Perspektif Teknologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2019). Buku Saku Literasi Membaca. Jakarta: Kemdikbud.

Madona, D. (2015). Media Pembelajaran Interaktif: Solusi Pendidikan di Era Digital. Jakarta: Rajawali Pers.

Mukhlishin, A. (2025). Konsep Media Pembelajaran dan Implikasinya terhadap Pendidikan Abad 21. Pekanbaru: CV Edufikasi Cendekia.

Nahdiyah, U., Zamroji, N., & Fauzan, A. C. (2023). Pendampingan Kegiatan Literasi dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Doko. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 109–114. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i2.334

Navida, I., Wulandari, A., & Lestari, M. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 97–108.

Purnamasari, A., Ramadani, N., & Harlina, D. (2020). Efektivitas Wordwall dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 60–70.

Ratnasari, D., Dhiya, H. R., & Susanti, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris yang Menyenangkan. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 1243–1250.

Regita, P. (2024). Menumbuhkan Minat Literasi Membaca Peserta Didik Melalui Pembelajaran Di Kelas V MIS Muhammadiyah Kalibening Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ritonga, R. (2019). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 4(2), 14–22.

Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Inovasi, 8(2), 77–90.

Saleh, A., & Syahruddin, S. (2023). Media dalam Komunikasi Pendidikan. Makassar: Andi Publisher.

Sari, M. S., & Zefri, H. (2019). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 3(1), 34–42.

Silahuddin, A., Lestari, S., & Fitria, Y. (2022). Fungsi Media Pembelajaran dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(3), 89–98.

Sumantri, M. (2017). Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wulandari, T. (2024). Implementasi Literasi Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 55–67.

Yulianti, A. (2023). Tahapan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi dan Bahasa, 6(2), 40–52.