PENGEMBANGAN APLIKASI KUIS INTERAKTIF BERBANTUAN GENIALLY PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI SD NEGERI 7 KAMPUNGDALEM TULUNGAGUNG

Isi Artikel Utama

Cindy Dea Oftavia
Nugrananda Janattaka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi kuis interaktif berbantuan Genially sebagai alternatif media pembelajaran yang menarik, inovatif, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik masa kini. Fokus pengembangan ditujukan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya submateri peribahasa. Latar belakang penelitian ini adalah masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran interaktif di sekolah dasar, di mana proses pembelajaran masih banyak bergantung pada buku cetak dan metode ceramah yang kurang mampu menarik minat serta meningkatkan pemahaman siswa. Sementara itu, di era digital saat ini, anak-anak lebih akrab dan tertarik pada media berbasis teknologi seperti game daring. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Uji validitas dilakukan oleh ahli media, ahli materi, guru kelas, serta peserta didik. Hasil validasi menunjukkan bahwa aplikasi memperoleh skor 92,5% dari ahli media, 95% dari ahli materi, dan 100% dari guru kelas, yang semuanya termasuk dalam kategori "sangat valid". Uji coba terhadap 19 peserta didik juga menghasilkan skor 93%, menunjukkan tingkat validitas yang tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, aplikasi kuis interaktif berbantuan Genially dinyatakan sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Aplikasi ini mampu mendukung pembelajaran peribahasa secara lebih menarik, menyenangkan, dan interaktif, serta berpotensi meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dea Oftavia, Cindy, dan Nugrananda Janattaka. “PENGEMBANGAN APLIKASI KUIS INTERAKTIF BERBANTUAN GENIALLY PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI SD NEGERI 7 KAMPUNGDALEM TULUNGAGUNG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Oktober 18, 2025): 3455–3466. Diakses November 11, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3679.
Bagian
Artikel

Referensi

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

Amalida, L., & Halimah, L. (2023). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), 54–60. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.2082

Aprilia, I. N., Sundari, F. S., & Wijaya, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Genially Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Tajur 1 Bogor. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.83564

Khawarizmi Yessita, A. F. devi. (2023). Pengembangan Media Power Point Menggunakan Ispring Dalam Pembuatan Quiz Pasa Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas V Di SDN % Bendorejo. EduCurio Journal, 1(3), 857–863.

Kurniawan, N. D., & Ika Yatri. (2022). Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Classpoint pada Materi Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48502

Made, N., Widiya, N., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web dengan Genially Materi Karakteristik Geografi Indonesia kelas V Sekolah Dasar. 8.

Mulyasari, R., Irvan, & Doly, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Model ADDIE (Sekolah Dasar). Jurnal Genta Mulia, 14(1), 334–342.

Nurkhumallasari, A. P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Genially Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Kelas 2 SD. 5(1), 234–239.