PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN GOOGLE SLIDE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PANTUN KELAS V SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Dyah Septi Andini
Nugrananda Janattaka
Nia Roistika

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi membawa dampak signifikan, terutama di bidang pendidikan. Tidak hanya peserta didik, guru juga dituntut berinovasi dalam pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu inovasi yang dapat diterapkan adalah penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Google Slide pada materi pantun, sebagai alat bantu guru yang mudah digunakan dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, serta diujicobakan di SD Negeri 3 Rejoagung dengan melibatkan 20 peserta didik. Hasil validasi ahli media memperoleh skor 87,5% yang termasuk kategori sangat valid, sedangkan validasi dari ahli materi memperoleh skor 95% dengan kategori yang sama. Pada tahap implementasi, media ini mendapatkan skor angket sebesar 92,85% dari peserta didik dan 95% dari guru, sehingga dikategorikan sebagai sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Andini, Dyah Septi, Nugrananda Janattaka, dan Nia Roistika. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN GOOGLE SLIDE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PANTUN KELAS V SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2940–2951. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3908.
Bagian
Artikel

Referensi

Akbar, M. R., Mulyadi, M., & Shandi, S. A. (2021). Kajian Literatur Media Pembelajaran Grafis dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 46–56. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpb/article/view/527

Annajati, S., & Wikarya, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Seni Rupa Tiga Dimensi Kelas X SMA Negeri 8 Mukomuko. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1181–1188.

Choiroh, S. S., Budi Prastowo, S. H., & Nuraini, L. (2023). Identifikasi Respon Peserta Didik Terhadap E-Lkpd Interaktif Fisika Berbantuan Live Worksheets Pokok Bahasan Pengukuran. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(4), 144. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i4.34891

Desfitria, R., & Nugraheni, A. S. (2021). Pengembangan Materi Ajar Pantun Pada Buku Tematik Kelas V Tema 4. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 13–23.

Dewi, S., Rohmah, F. A., Anggraeni, L. C., & Ristanto, R. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Slides guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(2), 181. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i2.15757

Elsa, Ravika oktaviani, N. (2021). PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD / MI. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1528/1629

Fakhriah, L., Pramadi, R. A., & Listiawati, M. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Google Slide Berbantu Aplikasi Pear Deck pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 15–21. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1473

Hader, A. E., Ratnawati, & Refpri, A. (2023). Analisis Stimulus Guru dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MAN 1 Tebo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 6818–6829.

Information, A., Learning, I., & Slides, G. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GOOGLE SLIDES PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA. Kevin Afandi 1 , Nana Hendracipta 2 , Indhira Asih Vivi Yandari 3. 9(I), 41–54.

Kafi, M. N., & Purnamasari, N. L. (2024). Pengembangan Media Interaktif berbasis Mobile pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMKS Veteran 1 Tulungagung. 3(3), 195–205.

Lestari, D. A. A., Suntari, Y., & Soleh, D. A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Google Slide Pada Muatan Ips Materi Sikap Kepahlawanan Dan Patriotisme Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 1(2), 54–65. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p54-65

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Respository LPPM Unila, 10, 1–8. http://repository.lppm.unila.ac.id/34333/1/Model-Model Penelitian dan Pengembangan.pdf

Monica, T., & Pramudiani, P. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Google Slide dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Luas Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2228–2239. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1457

Mutma’inna, A. (2024). pengembangan media pembelajaran flashcard berbasis aplikasi assemblr edu pada materi tata nama senyawa.

Muzhiroh. (2020). Pengaruh Persepsi Kualitas, Motivasi Dan Gaya Hidup Konsumen

Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Cakung Barat). Jurnal Ecodemica, 25–30, 35. http://repository.stei.ac.id/1537/

Pertiwi, Ayu, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah.

Purnama, S. J., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2440–2448. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2020). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177–180.

Sinta, D., Pertiwi, K., Wardhani, I. S., & Madura, U. T. (2024). KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARN INTERAKTIF. 2(11).

Susaksi Rahayu, Rosadi, K. I., & Alfian. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Professional 8 dalam Pengembangan Mutu Pembelajaran Ekonomi. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 71–92. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.89

Syafitri, R. M., & Kiftia, S. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif œDigital Activity Work BookMenggunakan Google Slides Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas V SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 34–42. https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p34-42

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Zulfadli, Z., Puspita, K., & Sulastri, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide Pada Mata Pelajaran Kimia Sma Kelas X Materi Struktur Atom. Chimica Didactica Acta, 10(2), 39–45. https://doi.org/10.24815/jcd.v10i2.27310