UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUBTEMA 2 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DI KELAS IV SD NEGERI 200118 PADANG SIDEMPUAN

Isi Artikel Utama

Jamilah hayati Siregar
Monica Theresia
Sabri Sabri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Make A Match pada peserta didik di kelas IV SD Negeri 200118 Padang Sidempuan pada tema 8 subtema 2. Jenis penelitian ini menggunakan PTK (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 200118 Padang Sidempuan yang berjumlah 19 orang sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil siklus I menunjukkan hasil observasi dari kegiatan pembelajaran sebesar 82,3% (kategori baik) dan rata – rata hasil belajar siswa  adalah 55 di mana 9 peserta didik (47%) yang tuntas dan 10 peserta didik (53%) tidak tuntas. Selanjutnya siklus II menunjukkan hasil observasi dari kegiatan pembelajaran sebesar 94,8% (kategori  sangat baik) dan rata – rata 80 di mana 17 peserta didik (89%) tuntas dan 2 peserta didik (11%) tidak tuntas. Disimpulkan, hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 2 dapat ditingkatkan dengan penggunaan model Make A Match pada peserta didik kelas IV SD Negeri 200118 Padang Sidempuan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Siregar, Jamilah hayati, Monica Theresia, dan Sabri Sabri. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUBTEMA 2 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DI KELAS IV SD NEGERI 200118 PADANG SIDEMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 622–629. Diakses Mei 9, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/391.
Bagian
Artikel

Referensi

Fuad, Zainul. 2018. Penggunaan Metode Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik. Jurnal Pgmi. Volume 1 (1) Tahun 2018; 47-57.

Huda, Miftahul. 2014. Model – Model Pengajaran Dan Pembelajaran : Isu – Isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rinto, Hasiholan. 2020. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani. Volume 3 (1) Tahun 2020; 3-6.

Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Prenada Media Group.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>