UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BAGI SISWA KELAS VI SDN 200205 AEK TAMPANG

Isi Artikel Utama

Seri Hayati
Sartika Rati Asmara Nasution
Monica Theresia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema masyarakat peduli lingkungan di kelas VI SDN 200205 Aek Tampang dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes (pretestt dan posttest) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, lembar observasi pendidik, penilaian aktivitas peserta didik lembar observasi peserta didik, penilaian sikap dan aktivitas peserta didik, untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan presentase dari penilaian hasil belajar, sikap dan aktivitas peserta didik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 200205 Aek Tampang yang berjumlah 16 orang. Peningkatkan hasil belajar peserta didik dapat diukur dari evaluasi siklus I, dan siklus II. Dengan nilai aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 83,33% dan siklus II 95,83%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat diukur dari setiap siklusnya, hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64% dengan kategori “Rendah” Dan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 89% dengan kategori “Tinggi”.  Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema masyarakat peduli lingkungan di kelas VI SDN 200205 Aek Tampang.


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hayati, Seri, Sartika Rati Asmara Nasution, dan Monica Theresia. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BAGI SISWA KELAS VI SDN 200205 AEK TAMPANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 3 (Agustus 10, 2021): 111–117. Diakses Juni 18, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/40.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 > >>