PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU BAGI SISWAKELAS IV SD NEGERI 100308 PANOMPUAN

Isi Artikel Utama

nurhayati rambe
Gabby Maureen Pricilia
Sartika Rati Asmara Nasution

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Numbered Head Together pada tema 7 subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku bagi siswa kelas IV SD Negeri 100308 Panompuan. Subjek penelitian berjumlah 34 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui lembar soal tes dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru.Hasil belajar siswa diukur melalui tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Hasil ketuntasan hasil belajar di siklus I adalah 19 siswa (55,8%) sudah mencapai KKM dan 15 siswa (44, 2%) yang belum mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 28 siswa (82,3%) sudah mencapai KKM dan 6 siswa (17,7%) belum mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar mencapai 26,5%. Berdasarkan hasil pengamatan, peningkatan aktivitas siswa mencapai 22,2% dan peningkatan aktivitas guru mencapai 10%. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 1 dikelas IV SD Negeri 100308 Panompuan.


Kata-kata kunci: Hasil Belajar, Model, Numbered Head Together.


Abstarct
This study aims to improve student achievement by applying Numbered Head Together model on the theme of 7 sub-themes 1 “Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku” at fourth grade students’ of SD Negeri 100308 Panompuan. The research subjects are 34 students’. The type of research used classroom action research. The technique of collecting data are test question sheets and students’ and teacher activity observation sheets. Students’ achievement are measured through tests carried out at the end of each cycle. The results of the research showed students’ achievement at the first cycle are 19 students’ (55.8%) who have reached the KKM and 15 students’ (44.2%) who have not reached the KKM. The second cycle increased to 28 students’ (82.3%) have reached the KKM and 6 students’ (17.7%) have not reached the KKM. The increase in achievement reached 26.5%. Based on observations, the increase in students’ activity reached 22.2% and the increase in teacher activity reached 10%. This resule can prove that applying Numbered Head Together model can improve students’ achievement on theme 7 sub-theme 1 “Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku” at fourth grade students’ of SD Negeri 100308 Panompuan.


Keywords: model, numbered head together, students’ achievement, students’ activity, teacher activity

Rincian Artikel

Cara Mengutip
rambe, nurhayati, Gabby Maureen Pricilia, dan Sartika Rati Asmara Nasution. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU BAGI SISWAKELAS IV SD NEGERI 100308 PANOMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 328–338. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/542.
Bagian
Artikel

Referensi

Asmara Sartika Rati, Nico Sri Rahayu, Monica Theresia, 2022. Peningkatan Hasil Belajar Pada Subtema Manusia Dan Lingkungan Dengan Menggunakan Pendekatan CTL Pada Kelas V SD Negeri 0311 Hutabaru Sosopan. Vol. 2. No. 1 Edisi Januari 2022. E-ISSN.2275-2445. Jipdas (Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar).

Djamaluddin Ahdar, 2019. Yogyakarta. Belajar Dan Pembelajaran. Kaaffa Learning Center.

Faridah Anum, 2012. Pengaruh Model Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 1. No. 1 Juni 2012. p-ISSN 2252-732X. e-ISSN 2301-7651.

Firdaus Muhamad, (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Ditinjau Dari Aktifitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP, Jurnal Formatif 6(2): 93-99, 2016, ISSN: 2088-351X.

Fitrianingtyas angraini, (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning siswa kelas IV SDN Gedanganak 02. Vol 1 No 6.

Maja Yusuf, Jamaluddin, dkk. Tahun tidak di terbitkan. Jurnal Kreatif Tadulako Online Volume. 4, Nomor. 9. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Numbered Head Together Pada Pelajaran PKn di Kelas IV SD Negeri 2 Ogotua. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. ISSN 2354-614X.

Mudjiono, Dimyati. 2010. Belajar Dan Pembelajaran: Rineka Cipta.

Mulyana Agisni Mutia Dkk (2016). Penerapan Model Kooperatif TipeNumbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016).

Nova Nuro Alfain 2018. Peningkatan Hail Belajar Melalui Model Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol. 2, No. 4, Tahun 2018, pp. 426-435, P-ISSN: 2579-3276 E-ISSN: 2549-6174.

Kholis Nur. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Vol. 2, No. 1, Juni 2017, pp. 69-88. E-ISSN 2548-7892. P-ISSN 2527-4449.

Nurrita Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Misykat. Vol. 03, No, 01 Juni 2018.

Pricilia Gabby Maureen, Habib Rahmansyah. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas V SDN 106830 Beringin Melalui Story Telling. Vol. 6, No. 2 Edisi Oktober 2018. E.ISSN.2614-6061. P.ISSN.2527-4295.

Pricilia Gabby Maureen, Habib Rahmansyah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi Karakter Terhadap Kemampuan Menulis Berbahasa Inggris Mahasiswa Di IPTS. Vol.7, No.3 Edisi Agustus 2019. E-ISSN.2614-6061. P-ISSN.2527-4295.

Pricilia Gabby Maureen, Habib Rahmansyah. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Narrative TextMelalui Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan ke-3 2019. Tema :”Peran Ilmu Pengetahuan Dalam Pembangunan Di Era Revolusi Industri 4.0 Berdasarkan Kearifan Lokal” Hotel Antariksa Kisaran, 29 Agustus 2019.

Rahmi Ahmad. 2017. Kolerasi Motivasi Belajar Menggunakan Media Berbasis Vidio Menggunakan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Gejala Alam Di Kelas V SD Negeri 1 Peusangan. Jurnal Pendidikan Almuslim, Vol. V. No. 1 Januari 2017. ISSN: 2338-7394.

Kurniasih Imas dan Bersalin Sani (2015). Model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru

Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hail Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar: Kencana.

Suwastana I Wayan (2006:78). Penerapan Pembelajaran Melalui Model Kooperatif Numbered Head Together Siswa Kelas V SDN No 1 Tonggolobibi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKN, Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 1. ISSN 2354-614X.

Syamsudin dan Siti Fatimah, 2021. Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pgmi, Volume. 4, Nomor. 1 Juni 2021.

Sohimin Aris, 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta, Ar-Ruzz Media 2017.

Winatapurta dkk, 2011. Teori Belajar dan pembelajaran: Universitas Terbuka

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>