MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SD NEGERI 153064 LOPIAN 1
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata Pelajaran PPKn melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD di SD Negeri 153064 lopian 1. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 153061 lopian 1. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi siswa dan guru dan lembar soal tes. Berdasarkan hasil pengamatan observer, aktivitas belajar siswa dan guru meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I tindakan I 68% aktivitas guru dan 56% aktivitas siswa. dan siklus I tindakan II 70% aktifitats guru dan 66% aktifitas siswa. Pada siklus II tindakan I meningkat 74% aktivitas guru dan 70% aktivitas siswa. dan siklus II tindakan II 82% aktifitas guru 80% aktifitas siswa. Hasil belajar siswa diukur melalui tes yang dilaksanakan. Siklus I mencapai 56% atau 10 siswa yang sudah mencapai KKM dan 44% atau 8 orang siswa yang belum mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 83% atau 15 orang siswa yang sudah mencapai KKM dan 17% atau 3 orang siswa yang belum mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar mencapai 41%. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran PPKn kelas IV SD Negeri 153064 Lopian 1.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Agus Wasisto, Dwi Doso Warso 2017. Penelitian Sikap, Pengetahuan & Keterampilan, Yogyakarta: Graha Cendika .
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian, Jakarta: Pt. Rineka Cipta.
Aris Shoimin. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Pt Raja Grafindo Persada
S. Nasution 2009. Kuriklum Dan Pengajaran. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2009. Penelitian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Dosrakarya.
Trianto.2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif. Jakarta: Kencana.